Guru Honorer Minta Perwal, Helldy Ngasih Janji

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ketua Forum Komunikasi Guru dan Tenaga Honorer (FKGTH) Kota Cilegon, Somy Wirardi menyebut guru honorer seperti anak tiri....

Hal itu terungkap saat dirinya melakukan sambutan usai prosesi pelantikan pengurus FKGTH Kota Cilegon masa bakti 2021-2026 di Aula Diskominfo.

“Di momen yang berbahagia ini semoga Pemerintah Daerah memberikan kesejahteraan serta solusi kepada kami para honorer melalui program-program yang pro honorer. Semoga Pemerintah Daerah juga memberikan legalitas kepada kami supaya kami tidak merasa dianaktirikan,” kata Somy Wirardi dalam sambutanya, Kamis (20/5/2021).

Somy mengaku, dirinya menyebut guru honorer seperti anak tiri lantaran apa yang dikerjakan dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa hasilnya tidak berbanding lurus dengan apa yang guru honorer kerjakan.

“Honor kami itu sebulan 450 ribu rupiah yang dibayarkan setiap 3 bulan dari honor daerah, sementara kita bekerja lebih dibanding guru PNS. Untuk mengerjakan segala sesuatunya itu adalah guru honorer kebanyakan itu,” jelasnya.

Dengan kondisi demikian, Somy meminta kepada Walikota Cilegon agar mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwal) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

“Untuk mendapatkan sertifikasi kesejahteraan terkait kepada pemerintah pusat itu kita dari daerah harus memiliki sertifikat atau SK yang dikeluarkan oleh walikota daerah. Sementara Perwalnya belum ada,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengaku sedang mengkaji permintaan tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru honorer melalui sertifikasi.

“Kita lihat rumusannya dulu, kita kaji secara dalam agar supaya harapan-harapan guru honorer terwujud. Supaya nanti bisa berkompetisi,” tuturnya.

Helldy berharap ketika pelaksanaan sertifikasi berjalan, peserta yang mengikutinya harus diiringi dengan kemampuan yang memadai.

“Saat sertifikasi dan lainnya nanti kita minta kualitas gurunya betul-betul,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: