Guru di Cilegon Manfaatkan Balkon Rumah Untuk Budidaya Stroberi

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Urban farming atau konsep pertanian dengan memanfaatan lahan kecil nampaknya semakin banyak diminati....

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Angga Ramadhan, pemuda asal Lingkungan Gardu Iman, Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil.

Pria 28 tahun yang berprofesi sebagai guru di salah satu SMA di Kota Cilegon ini mengatakan, sudah satu tahun memanfaatkan balkon rumahnya untuk menanam bibit stroberi.

“Penasaran aja mas, sama ingin mematahkan argument orang yang bilang stroberi engga bisa tumbuh di daerah yang cuacanya panas, setelah coba-coba, Alhamdulilah ada hasilnya,” kata Angga kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).

Angga mengaku, selama pandemi Covid-19, dirinya sudah lebih dari sekali memanen hasil dari stroberi yang ditanamnya.

Meskipun belum menembus pasar, Angga tetap optimis konsep tersebut akan menjadi contoh dan diikuti warga lain di sekitarnya.

“Kalau panen udah sering, paling kebutuhan tetangga aja. Kalau untuk pasar belum, saya paling jual bibitnya aja itu pun engga nentu harganya,” ujarnya.

Selain itu, Angga juga bercita-cita ingin membuat rumah yang ditempati menjadi hijau dengan tanaman-tanaman produktif.

Sehingga, lanjut Angga, siapa pun yang berkunjung akan merasakan sensasi yang berbeda dari rumah pada umumnya.

“Saya maunya dibuat kaya yang di Ciwidey, jadi konsepnya hijau dan bisa metik buah sendiri. Baru cita-cita, mudah-mudahan aja bisa terkabul kan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Warnasari, Hayani mengatakan, persoalan sempitnya lahan membuat warga tertarik dengan pengembangan sistem pertanian modern.

Menurutnya, tidak sedikit warga yang telah membudidayakan tanaman buah hingga sayuran untuk kebutuhan pribadi atau hanya sekedar untuk menambah keindahan rumah.

“Alhamdulilah, kita berusaha mandiri dengan memanfaatkan segala yang bisa kita olah untuk dimaksimalkan, dan masyarkat bertani modern itu sudah banyak yang minat disini,” tuturnya.

Selain itu, Hayani juga mengaku akan membuat kawasan kelurahan yang hijau dengan konsep pertanian modern.

Pihaknya akan berupaya mengajak unsur industri yang ada di Warnasari guna membangun konsep tersebut.

“Insya Allah, kita lakukan yang terbaik untuk warga. Kita ajak industri dan para pemuda yang ada di wilayah ini untuk menciptakan sekaligus membangun konsepnya seperti apa,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq
Editor: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: