Golkar Cilegon: Pergantian Ketua Dewan Bukan Sesuatu Yang Istimewa

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Usulan DPD II Golkar terkait pergantain Ketua DPRD Cilegon telah di paripurnakan....

Dimana Golkar Cilegon akan mengganti Ketua DPRD Cilegon dari Endang Efendi kepada Isro Miraj pada sisa masa jabatan 2019-2024.

Pergantian tersebut telah disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Cilegon dalam rangka usulan peresmian pemberhentian Ketua DPRD Kota Cilegon masa jabatan 2019-2024 dan peresmian pengangkatan Calon Ketua DPRD sisa masa jabatan 2019-2024, Senin (1/3/2021).

Wakil Ketua DPD Golkar Cilegon, Sutisna Abas mengatakan, pihaknya telah melalui seluruh mekanisme, tahapan dan proses sesuai AD/ART Partai Golkar dalam pergantian antar waktu (PAW) tersebut.

“Bahwa pergantian pimpinan DPRD itu adalah hak prerogatif dari partai. Oleh karena itu, tidak ada sesuatu yang istimewa terhadap pergantian itu. Karena ini adalah kewenangan partai untuk menentukan siapa yang layak untuk memimpin di alat kelengkapan dewan,” katanya dalam konferensi pers usai Rapat Paripurna, Senin (1/3/2021).

Pria yang akrab disapa Tisna itu mengungkapkan, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan rotasi terhadap Kader Golkar Cilegon yang saat ini tengah menjabat sebagai pimpinan di alat kelengkapan DPRD.

“Kedepan kita harapakan Pak Isro bisa menahkodai di parlemen untuk sama-sama mengawal apa yang menjadi kebijakan partai dan juga kebijakan dari seluruh anggota parlemen yang ada di Cilegon,” ungkapnya.

Selain itu, Tisna juga berharap pergantian tersebut dapat menguatkan Partai Golkar terutama untuk mengawal kebijakan yang telah tertuang dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Cilegon.

“Karena kita yakin Pak Isro sangat paham untuk menahkodai ini, karena beliau pernah memimpin Badan Anggaran DPRD Cilegon,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Isro Miraj yang secara defacto telah menjadi Ketua DPRD Cilegon, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Fraksi dan Anggota DPRD Cilegon yang telah hadir pada paripurna tersebut.

“Tentu ini menjadi tanggung jawab saya sebagai yang diusulkan oleh partai, bagaimana kita dinamis dalam menjalankan pemerintahan daerah ini,” ucapnya.

Dengan penugasan yang diamanatkan oleh partai untuk memimpin DPRD Cilegon, Isro mengaku dirinya siap untuk menjalankan tugas tersebut dengan sebaiknya untuk mengawal kebijakan pemerintah tentunya untuk kesejahteraan masyarakat Cilegon.

“Mudah-mudahan jabatan ini bermanfaat khususnya untuk masyarakat Kota Cilegon,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, usai pelaksanaan Rapat Paripurna di DPRD Cilegon, Wakil Ketua DPRD Cilegon Nurotul Uyun yang memimpin paripurna tersebut mengatakan pihaknya akan mengusulkan pergantian tersebut ke Gubernur Banten melalui Pemkot Cilegon.

Dimana pihak DPRD Cilegon, nanti tinggal menunggu respon atau surat usulan dari Gubernur Banten terkait usulan pemberhentian dan pengangkatan Ketua DPRD Cilegon.

“Setelah paripurna, Pemkot Cilegon menyampaikan ke Gubernur selama 7 hari, nanti Gubernur memprosesnya adalah 7 hari sejak diterimanya ketetapan DPRD tersebut,” ujarnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: