Gelar Lomba Bercerita, DPAD Ajak Anak Cilegon Mengenal Budayanya

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon gelar lomba bercerita sebagai upaya dalam mengembangkan literasi....

Lomba bercerita tersebut dilaksanakan pada 6-8 April yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Guru TK dan PAUD di Kota Cilegon.

Kepala DPAD Cilegon, Nur Fatmah mengatakan, perlombaan tersebut untuk mengajak generasi muda lebih mengenal budaya di daerahnya.

“Dalam rangka menanamkan nilai kepahlawanan dan religius sejak dini,” kata Nur Fatmah usai penyerahan hadiah pemenang lomba bercerita di Aula DPAD, Jum’at (9/4/2021).

Untuk itu, dalam lomba bercerita tersebut, setiap peserta diwajibkan untuk membawakan kisah atau sejarah yang ada di Banten.

“Yang Cilegon nya hanya Geger Cilegon, sebetulnya ada dua cerita rakyat lagi khusus Cilegon, yaitu cerita Masjid Sumpah dan riwayat Rawa Arum, kedepan kita akan hidupkan kembali,” ujarnya.

Selain itu, Nur Fatmah mengungkapkan, sebagai upaya untuk meningkatkan  minat baca masyarakat pihaknya mempunyai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kita juga punya perpustakaan digital yang bisa didownload di playstore, ada 1000 buku. Ada juga armada perpustakaan keliling, punya perpustakaan di Lapas dan Kejaksaan. Kemarin kita buka perpustakaan digital di RSUD, sekarang kita lagi mengajukan lagi untuk di area publik,” ungkap Fatimah.

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta mengapresiasi langkah DPAD sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa khususnya generasi muda.

“Kegiatan ini bagus nih, nih anak- anak cakep, keren. Anak-anak Cilegon juara, berprestasi, dorong terus anak-anak menjadi juara,” ucapnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq
Editor: Zainal Mutakin

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: