Gali PAD, Parkir Pasar Kranggot Dikelola Secara Profesional

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dinas Perhubungan (Dishub) Cilegon akan terapkan retribusi parkir di Pasar Kranggot mulai awal Agustus mendatang....

Kepala Dishub Cilegon, Uteng Dedi Apendi mengatakan, pihaknya akan menggandeng pihak ketiga PT Kujang Sakti Siliwangi (KSS) untuk menata dan mengelola parkir kendaraan di pasar tradisional terbesar Cilegon tersebut.

“Penataan perparkiran di Pasar Kranggot adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama ini belum maksimal,” kata Uteng dalam konferensi pers di Kantor Dishub Cilegon, Selasa (27/7/2021).

Melalui pihak ketiga, sistem perparkiran di Pasar Kranggot itu akan dikelola secara profesional.

“Dalam sistem itu nanti semua kendaraan roda dua atau roda empat akan dikenakan tarif parkir. Untuk sementara sesuai dengan retribusi, motor Rp1.000, mobil Rp2.000,” tuturnya.

Namun, kata Uteng, tidak semua kendaraan akan dikenakan biaya parkir saat memasuki Pasar Kranggot.

“Yang kurang dari 10 menit, disistem akan nol, kurang dari 10 menit berarti hanya melintas, tidak dikenakan tarif. Tetapi apabila di atas 10 menit sudah kena retribusi pajak,” ujarnya.

Meski parkir akan dikelola pihak ketiga, Uteng mengatakan, tetap akan mempekerjakan juru parkir (jukir) yang selama ini bekerja di tempat tersebut.

Bahkan, lanjut Uteng, pihak ketiga yakni PT KSS siap membayar gaji jukir tersebut sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK) Cilegon sebesar Rp4,2 juta setiap bulannya.

“Kita tidak meninggalkan atau tetap mempekerjakan juru parkir yang ada, dan KSS menyanggupi menggaji juru parkir dengan UMK Cilegon. Tapi nanti akan ditraining dulu selama 3 bulan, dengan gaji Rp1,8 juta,” katanya.

Uteng juga menuturkan, pihaknya akan meminta pendapat hukum dari Kejaksaan Negeri dan Kepolisian dalam pelaksanaan sistem perparkiran di Pasar Kranggot tersebut.

“Kita juga akan ajukan ke Pak Walikota untuk membuatkan SK (surat keputusan) titik-titik tempat khusus parkir milik pemerintah,” pungkasnya.(ADV)

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: