Emak-emak Demo, Tolak Alih Fungsi SDN Kubang Kutu Jadi SMPN 12

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Rencana Pemkot Cilegon melalui Dinas Pendidikan mendirikan beberapa SMPN kembali mendapat penolakan dari masyarakat....

Kali ini penolakan, datang dari warga Lingkungan Kebondalem, Kecamatan Purwakarta. Bersama puluhan Wali Murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kubang Kutu II mereka melakukan aksi penolakan. Mereka tidak ridho SDN Kubang Kutu II dialihfungsikan menjadi SMPN 12.

Puluhan wali murid yang didominasi ibu-ibu itu datang ke sekolah sambil membawa spanduk yang berisikan kalimat penolakan terhadap rencana penggabungan SDN Kubang Kutu II dengan SMPN 12.

Halimah, salah seorang Wali Murid SDN Kubang Kutu II mengatakan, ia mendukung dengan pendirian SMPN 12, namun tidak dengan menggunakan Gedung SDN Kubang Kutu II. Ia juga heran mengapa Pemkot Cilegon tidak mencari lahan lain.

“Emang enggak ada lahan kosong selain di SDN Kubang Kutu II,” kata Halimah di sela-sela aksi penolakan pengalihfungsian SDN Kubang Kutu II menjadi SMPN 12 Kota Cilegon, Senin (24/5/2021).

Menurutnya, seluruh wali murid hingga Alumni SDN Kubang Kutu II dengan tegas menolak rencana alihfungsian gedung sekolah yang sudah 30 tahun berdiri tersebut. Terlebih, sudah banyak prestasi yang telah diraih oleh sekolah tersebut.

“Kita semua menolak, dari alumni, dari masyarakat sini, dari wali murid semuanya menolak,” tegasnya.

Warga Swadaya Ikut Membangun Sekolah

Halimah mengungkapkan, ada sumbangsih dari warga dan wali murid dalam pembangunan SDN Kubang Kutu II. Wali murid yang dahulu anaknya bersekolah di sekolah dasar tersebut iuran untuk membantu pembangunannya.

“Dulunya pembangunan ini kan dari wali murid semua ini,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala SDN Kubang Kutu II, Hawasi mengatakan secara pribadi dan kedinasan pihaknya mendukung adanya sekolah SMPN 12. Namun, soal pendiriannya diserahkan kepada instansi yang berwenang.

Pada bagian lain, Anggota Komisi II DPRD Cilegon, Tohir kembali mengingatkan agar Pemkot dan Dindik setempat membuka mata dan hati.

Ia tak ingin pendirian sebuah sekolah malah akan membenturkan sesama warga masyarakat. “Saya sudah mengingatkan hal ini tadi dalam hearing dengan Dindik Cilegon,” kata Tohir.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: