DPRD Cilegon Usulkan Raperda Inisiatif Untuk Nelayan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Ditengah tumbuh dan berkembangnya industri di Kota Cilegon, perlindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan menjadi salah satu hal yang penting....

DPRD Kota Cilegon memandang perlu adanya Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur terkait regulasi terhadap profesi nelayan ditengah pesatnya pertumbuhan industri di Kota Cilegon.

“Sehingga kita DPRD punya inisiatif bagaimana untuk membuat sebuah aturan untuk melindungi nelayan kita juga, baik dari kesehatannya, keselamatannya,” kata Ketua DPRD Cilegon, Endang Efendi, usai Rapat Paripurna Persetujuan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Kota Cilegon, Senin (3/2/2020).

Endang juga menuturkan, raperda inisiatif tentang perlindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan di Kota Cilegon, telah dibahas dan disetujui oleh seluruh fraksi dan unsur pimpinan di DPRD Cilegon sejak 2019 lalu. Dimana diharapkan sebagai kota industri, kedepan Pemkot Cilegon dapat memberikan perhatian lebih terhadap profesi nelayan.

“Sebuah regulasi untuk perlindungan mereka (nelayan), sehingga kami DPRD melalui fraksi dan pimpinan sudah mensetujui ini di tahun 2019 untuk ini dijadikan sebuah Perda,” tuturnya.

Raperda tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan Kota Cilegon tersebut disampaikan kepada walikota. Namun, kata Endang, sebelum dijadikan Perda, DPRD Cilegon terlebih dahulu akan membentuk pansus untuk meminta masukan kepada organisasi nelayan sebagai bahan pertimbangan.

“Akan ada hearing terlebih dahulu dengan HNSI maupun organisasi yang menaungi profesi nelayan di Kota Cilegon untuk menjadi bahan pertimbangan. Kita usahakan dalam bulan ini kita selesaikan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Walikota Cilegon, Edi Ariadi menyambut baik Raperda inisiatif DPRD tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Kota Cilegon.

“Kan kita ini wilayah industri, otomatis nelayan itu kadang agak terpinggirkan. Mungkin ada kaitan dengan soal sosialnya, dalam arti bagaimana melindungi mereka, apakah kaitan dengan hak-hak terhadap akses kesehatan, hak terhadap usaha dia, nanti kita lindungi, baguslah,” kata Edi.

Sependapat dengan apa yang menjadi usulan DPRD Cilegon tentang perlindungan dan pemberdayaan profesi nelayan, Edi mengatakan Pemkot Cilegon akan memberikan perhatian lebih terhadap nelayan yang ada di Kota Cilegon.

“Selama ini kan kalau udah musim barat, kan mereka engga melaut, nah itu harus jadi perhatian kita,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: