DPRD Cilegon Soroti Belanja Hibah – Bansos yang Naik Tajam

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - DPRD soroti belanja hibah dan bantuan sosial (Bansos) Pemkot Cilegon dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022....

Pada Rapat Paripurna DPRD Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2022, belanja hibah dan bansos dikatakan meningkat tajam dari tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Cilegon Fraksi Nasdem-PKB Sanudin yang mewakili pandangan umum dari setiap fraksi di DPRD Cilegon.

“Belanja bansos paling tinggi sebesar Rp15 juta, jangan sampai salah sasaran,” kata Sanudin saat menyampaikan pandangan umum yang mewakili seluruh fraksi di DPRD Cilegon, Jumat (1/9/2021).

Untuk itu, dalam pandangan umum tersebut, Sanudin mengingatkan eksekutif agar selektif dalam menentukan penerima bansos tersebut.

“Oleh karena itu kami akan mengawal secara cermat penerima bansos,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 DPRD Cilegon Hasbi Sidik mengatakan, pandangan fraksi terkait besarnya dana hibah dan bansos itu perlu jawaban konkrit dari Walikota Cilegon.

“(Penerimanya, red) apakah sudah sesuai dengan aturan, apakah sudah sesuai by name by address. Karena pada periode awal kan tidak sangat lazim besaran itu, maka salah satu poin pandangan fraksi kan seperti itu,” tuturnya.

Hasbi menambahkan, kenaikan anggaran yang signifikan pada belanja hibah dan bansos tersebut harus dijelaskan peruntukannya secara langsung oleh kepala daerah.

“Jelas, karena itu pandangan dari fraksi-fraksi, kita akan kawal, apakah (dipergunakan untuk) berkaitan dengan covid, apakah terkait sumbangan masjid yang 10 juta per DKM, apakah pencitraan?,” ujarnya.

Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta menyebutkan, kenaikan anggaran pada belanja hibah dan bansos tersebut berdasarkan aspirasi dari masyarakat.

“Alhamdulillah anggaran naik kan. Yah untuk kepentingan masyarakat, untuk kebutuhan masyarakat, aspirasi masyarakat, kita kan harus berdasarkan aspirasi masyarakat,” kata Sanuji.

Ia menambahkan, banyak yang mengusulkan dan diakomodir.

“Tapi tetap pemerintah daerah menjalankan dengan penuh kehati-hatian,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: