DPRD Cilegon Desak Primkokas, Nasabah Minta Direksi KS Dilibatkan

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi II DPRD Cilegon gelar rapat dengar pendapat (hearing) bersama Forum Nasabah SiJaka Primkokas dan Manajemen Primkokas PT Krakatau Steel (KS)....

Hal itu untuk membahas terkait dana investasi ratusan pensiunan karyawan PT KS grup yang tak kunjung dicairkan, Senin (12/4/2021).

Dalam rapat dengar pendapat tersebut, Komisi II DPRD Cilegon mendesak kepada pihak manajemen agar segera memberikan solusi nyata sebagai bentuk pertanggungjawabannya kepada investor dalam hal ini pensiunan PT KS.

Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun mengatakan, setelah mendengar aspirasi dari sejumlah perwakilan nasabah program Simpanan Berjangka (SiJaka) Primkokas itu, pihaknya mendorong Manajemen Primkokas untuk segera menyelesaikan masalah internal dengan menghadirkan solusi konkret.

“Dari Primkokas sendiri memang ada kondisi yang sulit secara finansial untuk menyelesaikan persoalan, sehingga membutuhkan pembicaraan yang intensif antara Primkokas, pikiran DPRD dan para investor SiJaka,” katanya.

Uyun mengungkapkan, terkait penyelesaian persoalan tersebut akan menjadi komunikasi yang berlanjut baik dengan pihak Manajemen Primkokas maupun jajaran Direksi PT KS.

“Kita akan berlanjut dengan Primkokas dengan Direksi KS juga kemudian dengan juru bicara perwakilan Forum Nasabah SiJaka,” ungkapnya.

Uyun menjelaskan, Primkokas memastikan akan segera mengembalikan dana investasi pensiunan tersebut.

Namun demikian, lanjut Uyun, masih ada keterbatasan Primkokas untuk menunaikan kewajibannya kepada para investor, salah satunya dengan jumlah aset yang sangat terbatas.

“Kita akan bicara, tindak lanjuti bersama primkokas kemudian dengan Direksi KS dan perwakilan investor, sehingga semuanya bisa di uraikan satu persatu, dalam waktu dekat. Insyaallah pekan depan. Terkait aset, Primkokas akan menyampaikan dipertemuan selanjutnya, tapi masih belum cukuplah nominalnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Primkokas, Syarif Rahman mengatakan, biaya oprasional yang tinggi, serta omset usaha yang turun selama masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu kendala.

Namun demikian, Syarif memastikan pihaknya akan mengembalikan seluruh dana investasi para pensiunan, karena saat ini Primkokas tengah berupaya untuk mengembalikan agar koperasi tersebut kembali sehat.

“Kesimpulannya, yang pasti Primkokas harus sehat dulu, baru kita nanti mengembalikan dana itu. Gimana caranya biar Primkokas sehat itu harus efisiensi, segala macem harus diefisiensikan. Kan ibarat orang kalau udah sehat itu gampang tuh cari uangnya, kalo engga kan susah,” katanya.

Primkokas Diminta Libatkan Direksi KS

Di tempat yang sama, Ketua Forum Nasabah Sijaka Primkokas, Tahyar Bunyamin mengungkapkan, ada tiga poin yang di dapat pihaknya melalui hearing tersebut.

Dimana, kata Tahyar, DPRD Kota Cilegon akan terus berupaya membantu penyelesaian yang ada di Primkokas terkait dengan pencairan simpanan berjangka (SiJaka).

Lalu penyelesaian akan dilakukan dengan cara-cara kekeluargaan, sehingga tidak melebar.

Terakhir, lanjut Tahyar, pihak Primkokas akan melibatkan nasabah atau investor dalam hal ini pensiunan masuk menjadi tim penyehatan koperasi PT KS tersebut.

“Nanti akan kami bicarakan langsung dengan Ketua Primkokas Pak Syarif,” ungkapnya.

Untuk itu, Tahyar mengatakan, pihaknya menyetujui usulan DPRF Cilegon untuk membentuk tim khusus terbatas dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Ya, kita akan melakukan penyelesaian secara kekeluargaan karena ini anggota koperasi ya asas dari gotong royong dan kekeluargaan ini kan nomor satu. Diharapkan ada keterlibatan dari pihak Direksi KS dalam penyelesaian ini,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: