Disnakertrans Sebut Ada Unsur Kesengajaan Pada Kecelakaan Kerja di Pelabuhan Merak

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten sebut ada unsur kesengajaan dan kelalaian dalam tragedi kecelakaan kerja yang menewaskan pekerja di Dermaga IV Pelabuhan Merak....

Kelalaian pengerjaan pengecoran senderan dermaga tersebut menyebabkan seorang pekerja meninggal dunia dan 2 orang luka berat pada Senin (30/8/2021).

Tim Pengawas pada Disnakertrans Banten Rachmatullah mengatakan, kecelakaan kerja yang menewaskan pekerja tersebut merupakan kelalaian dari konsultan dalam hal ini PT Gakesa Prakasa dan perusahaan yang melakukan pengerjaan proyek yakni PT Hydropower Technology yang ditunjuk oleh PT ASDP.

“Kelalaian sudah pasti ada, baik dari unsur konsultan yang ditunjuk oleh ASDP sebagai pengawas, maupun perusahaan yang melakukan pengerjaan,” kata Rachmatullah saat di konfirmasi wartawan, Selasa (2/9/2021).

Rachmatullah menuturkan, perusahaan konsultan dalam pekerjaan pembangunan renovasi dermaga tersebut, seharusnya melakukan kontroling dan pengawasan.

“Termasuk alat-alat, bahan kan dia (Konsultan). Nah, itukan persoalannya alat tanpa lisensi, kenapa bisa lolos, kalo sebagai konsultan mustinya engga lolos itu,” tuturnya.

Lebih lanjut Rachmatullah mengatakan, kelalaian tersebut menjadi salah satu faktor penyebab kesalahan yang dilakukan PT Hydropower Technology sebagai perusahaan yang mengerjakan sehingga menewaskan pekerja.

“Dia memaksakan untuk mempekerjaan operator yang mustinya 2 orang, tapi yang naik 3. Itu sebuah unsur kesengajaan,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: