Dindik Depok Larang Siswa Rayakan Valentine

BERKARYA.CO.ID, DEPOK – Bulan Februari, ada satu hari yang biasanya dianggap sepsial oleh sebagian masyarakat dunia. Hari yang dimaksud adalah Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari. Dihari itu,...
Ilustrasi/NET

BERKARYA.CO.ID, DEPOK – Bulan Februari, ada satu hari yang biasanya dianggap sepsial oleh sebagian masyarakat dunia.

Hari yang dimaksud adalah Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari. Dihari itu, biasanya kaum muda-mudi merayakan dengan suka cita.Namun, tidak sedikit juga yang menolak dan melarang hari Valentine itu.

Sebab selain bukan berakar dari budaya Indonesia, perayaan valentine juga kerap diwarnai perilaku tidak terpuji. Pro dan kontra hari valentine pun selalu terjadi setiap tanggal 14 Februari datang.

Dinas Pendidikan Kota Depok bersikap tegas. Mereka melarang para siswanya untuk merayakan hari Valentin atau yang biasa disebut hari kasih sayang itu. Dinas pendidikan setempat mengeluarkan Surat Edaran bernomor 421/0650/Disdik/2017 yang isinya larangan merayakan valentin bagi para siswa negeri atau swasta.

Sekretaris Disdik Kota Depok, Siti Chaerijah mengatakan Surat Edaran (SE) No. 421/0650/Disdik/2017 itu dikeluarkan dengan alasan hari Valentine kerap diwarnai dengan penyimpangan perilaku yang tidak terpuji dan bisa mencoreng nama baik sekolah maupun potret pendidikan di Kota Depok.

Bukan hanya larangan Valentine, Siti menjelaskan Surat Edaran (SE) No. 421/0650/Disdik/2017 itu juga berisi imbauan kepada pihak sekolah untuk menanamkan sikap dan perilaku kepribadian yang terpuji sebagai bentuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya Indonesia.

“Kami mengharapkan anak-anak tidak latah ikut-ikutan acara yang tidak sesuai dengan agama dan budaya bangsa Indonesia,” ujar Siti di Balaikota Depok, Senin (13/2/2017).

Siti berharap Surat Edaran No. 421/0650/Disdik/2017 tersebut bukan hanya dipatuhi oleh siswa-siswi di Depok. “Tetapi juga mampu meningkatkan kesadaran para guru serta orangtua untuk turut berperan aktif mengawasi anak-anak didiknya,” katanya.

Walikota Depok, Mohammad Idris juga mengatakan hal yang sama yakni larangan bagi para siswa siswi merayakan hari Valentine sebab perayaan tersebut tidak sejalan dengan budaya di Indonesia.

“Seluruhnya sudah kami ingatkan untuk tidak ikut-ikutan merayakan Valentine, karena perayaan ini termasuk kebiasaan budaya barat,” tegas Idris.

Baca Sumber

Uploader : Iffan Gondrong

Categories
Pendidikan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: