Diminta Transfer 700 Ribu, Warga Panggung Rawi Tertipu Bansos Fiktif

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kelurahan Panggung Rawi mendapat laporan dari sejumlah warganya yang mengalami penipuan bantuan sosial (Bansos) Covid-19....

Sejumlah warga di Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang itu tertipu dengan iming-iming bantuan fiktif dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

Warga diiming-imingi akan mendapat bantuan uang tunai, namun terlebih dahulu warga harus mentransfer uang ke rekening milik oknum penipu.

Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Panggung Rawi Ikbal mengatakan, jika ada warganya yang melapor ke kantor kelurahan.

Warga mengaku, dijanjikan bantuan dari pihak yang tidak bertanggungjawab yang mendatanginya dan sudah menyetorkan uang sebesar Rp700 ribu dengan dalih untuk membuka rekening.

“Tadi pagi ada warga yang melapor ke kami. Kami arahkan dan koordinasi dengan Dinsos. Awalnya warga kami ada yang mendatangi kerumahnya dan memberikan iming-iming bantuan dari provinsi. Dijanjikan dapat uang tapi sampai sekarang belum dapat dan mengaku sudah transfer ke oknum itu Rp700 ribu,” katanya kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

Ikbal menyampaikan, pihaknya meminta agar warga tidak mudah percaya dengan modus iming-iming bantuan Covid-19. Ia juga meminta warga untuk terlebih dahulu berkoordinasi melalui RT/RW atau Kelurahan untuk berbagai bantuan yang disalurkan.

“Jangan percaya dengan penipuan bantuan. Harus datangi RT, RW dan bahkan kami di kelurahan, jangan sampai tertipu karena banyak oknum yang memanfaatkan kondisi Covid-19 sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Panggung Rawi Mulyadi menuturkan, pihaknya bersama warga yang menjadi korban telah melaporkan tindak penipuan itu kepada pihak kepolisian.

“Sudah saya laporkan ke Kapolsek (Cilegon), ini sekarang lagi dibahas,” kata Mulyadi melalui pesan singkat WhatsApp.

Dengan Adanya kejadian tersebut, Mulyadi mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan Panggung Rawi agar selalu berhati-hati dan jangan mudah terbuai iming-iming yang belum pasti kebenarannya.

“Untuk itu saya mengimbau dan akan selalu mengedukasi masyarakat agar berhati-hati apabila yang akan memberikan bantuan yang nyuruh transfer uang dulu jangan mudah percaya, karena di masa sulit pada pandemi Covid, akan banyak oknum yang memanfaatkan kondisi ini,” pungkasnya.

Penulis: Zainal Mutakin

Categories
CilegonHukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: