Dilantik Presiden, Listyo Sigit Pimpin Korps Bhayangkara

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) lantik Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara, Rabu (27/1/2021)....

Dengan pelantikan tersebut, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat sebagai Kapolri menggantikan posisi Jenderal Idham Aziz yang telah memasuki masa pensiun.

Pengangkatan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri tertuang dalam surat Keputusan Presiden RI Nomor 5 Polri tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Surat Keputusan Presiden tersebut berlaku sejak Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara.

Pada prosesi pelantikan tersebut, Presiden RI, Jokowi yang memimpin upacara, terlebih dahulu menanyakan kesediaan Listyo Sigit Prabowo diambil sumpahnya untuk dilantik sebagai Kapolri.

Kemudian setelahnya, Jenderal Listyo Sigit mengucapkan sumpah jabatan dengan bimbingan pemuka agama bersama Presiden Jokowi.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan berjanji dengan sungguh-sungguh. Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” tuturnya.

“Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengam selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada kepada bangsa dan negara,” ucap Jenderal Listyo Sigit mengulangi perkataan Presiden Jokowi pada kalimat sumpah jabatannya di kanal youtube Sekretariat Presiden.

Selanjutnya, Jenderal Listyo Sigit menandatangani berita acara pengangkatan sumpah jabatannya sebagai Kapolri diikuti oleh para saksi serta Presiden Jokowi.

Usai penandatangan tersebut, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu dinaikkan pangkatnya satu tingkat menjadi Jenderal Polisi berdasarkan Kepres Nomor 7 Polri tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Polri.

Setelah itu, Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat dan jabatan, serta menyerahkan tongkat jabatan Kapolri kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri Siap Wujudkan Harapan Masyarakat Terhadap Polri

Usai dilantik, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, kedepan Polri dibawah kepemimpinannya akan melaksanakan program yang telah disampaikan saat fit and propertest di DPR RI.

“Bagaimana kedepan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Kapolri, bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, memberikan pelayanan secara transparan, serta bagaimana Polri mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan.

“Ini tentunya menjadi tugas kami kedepan, oleh karena itu, ini menjadi komitmen kami untuk bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindaklanjuti,” ungkapnya.

“Sebagaimana yang kami tuangkan di dalam rencana kami untuk melaksanakan transformasi di empat bidang, dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan,” tandasnya.

Uploader: Zainal Mutakin

Categories
Nasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: