Diduga Jadi Timses Paslon, Bawaslu Akan Copot Pengawas TPS

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dinamika jelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Cilegon, 9 Desember 2020 semakin ramai....

Kali ini media sosial diramaikan dengan beredarnya informasi tentang adanya salah satu anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diduga menjadi tim sukses (Timses) salah satu Pasangan Calon (Paslon) di Pilkada Cilegon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pengawas TPS yang menjadi timses salah satu paslon tersebut bertugas di salah satu TPS di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol.

Ketua Bawaslu Cilegon, Siswandi yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon, mengaku belum mengetahui hal tersebut.

Dia mengatakan, Bawaslu akan mengambil tindakan tegas jika hal tersebut benar dilakukan oleh anggota Pengawas TPS.

“Kami belum tahu pendukung dari mana, yang jelas kami akan telusuri dulu, (Timses) paslon siapa, Pengawas TPS nya itu siapa, kalau memang betul itu merupakan pendukung atau tim sukses salah satu calon, maka sesuai syarat perekrutan, mereka itu harus mengundurkan diri,” katanya, Senin (7/12/2020).

Siswandi mengatakan, pihaknya akan menindak tegas anggotanya jika terbukti menyalahi kode etik penyelenggara pemilu.

Dimana dalam kode etik penyelenggara pemilu, dengan jelas disebutkan, baik Anggota Bawaslu atau KPU harus netral dalam pelaksanaan Pilkada.

“Yang jelas bahwa kode etik penyelenggara pemilu, baik Bawaslu atau pun KPU harus netral. Kalau kemudian penyelenggara pemilu tidak netral, maka menyalahi dan melanggar kode etik,” ujarnya.

“Jadi bagaimana pun itu pelanggaran kode etik. Kalau terbukti, mau engga mau yah harus dicopot,” tegasnya.

Untuk itu, Siswandi menekankan kepada seluruh jajaran pengawas agar selalu menjaga integritas penyelenggara pemilu dengan bersikap netral selama penyelenggaraan Pilkada Cilegon.

“Shingga proses dari pengawasan atau tahapan (Pilkada) juga sesuai dengan peraturan perundangan, dan berjalan baik,” pungkasnya.

Reporter: Zainal Mutakin
Editor: Iffan Gondrong

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: