Didesak Buka Alun-alun Cilegon, DPKP Ngaku Tak Pernah Menutup

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cilegon angkat bicara terkait belum dibukanya Alun-Alun Cilegon....

Dimana sebelumnya diberitakan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STIT Al-Khairiyah mendesak Pemkot Cilegon segera membuka alun-alun agar dapat dimanfaatkan untuk perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Sekretaris DPKP Cilegon, Eva Syarifah mengatakan, pihaknya belum bisa membuka Alun-alun Cilegon lantaran masih adanya regulasi yang mengatur hal tersebut.

“Di Surat Edaran (SE) Gubernur dan Walikota yang diturunkan berdasarkan aturan pemerintah pusat mengharuskan kita menutup tempat yang menimbulkan kerumunan,” kata Eva, Selasa (13/4/2021).

Eva menyebutkan, SE yang berasal dari kebijakan pemerintah pusat itu menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimana saat ini menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Jadi sebetulnya Alun-alun itu tidak ditutup tapi dibatasi yang masuk tidak semua orang,” kilahnya.

Selain alasan kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, Eva mengklaim, dengan penutupan alun-alun kota, Cilegon berhasil menurunkan status zona merah menjadi zona oranye.

“Karena zonanya dulu itu zona Cilegon dari kuning menjadi merah, tapi sejak semua dibuat seperti ini menurun menjadi oranye, pernah kita juga kuning lalu naik lagi menjadi oranye,” akunya.

Sementara itu, terkait Alun-alun sebagai sarana untuk peningkatan perekonomian masyarakat di masa pandemi, Eva mengaku pihaknya tidak melarang pedagang yang di dalam Alun-alun untuk berjualan.

Namun, kata Eva, pihaknya membatasi dari jumlah 21 unit stand pedagang yang ada di lokasi alun-alun tersebut.

“Itu kewenangan Disperindag bukan kita, kita cuma punya alun-alun. Tapi Perkim (DPKP) tidak pernah melarang, cuma memang gak ada pengunjung, ya mau apa,” ujarnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq
Editor: Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: