Di Depan Tim Verifikasi, Sari Sampaikan Capaian Pemkot

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Tim Verifikasi Penilaian Kota Sehat tingkat Provinsi Banten datang ke Kota Cilegon dan diterima Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon, Sari Suryati dan Kepala Bappeda, Ratu Ati Marliati di Aula Bappeda Kota Cilegon, Kamis (18/10/2018).
KOTA SEHAT - Sekda dan Kepala Bappeda Cilegon mengapit tim verifikasi penilaian kota sehat/beritakarya.co.id

Sekda Kota Cilegon, Sari Suryati dalam sambutannya mengatakan program kota sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun milik semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
“Program Kota sehat dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan pada proses dari pada output, hal inilah yang membedakan program kota sehat dengan program-program lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Sari mengungkapkan, selama ini Kota Cilegon telah banyak meraih penghargaan Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI.

“Merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami pemerintah dan masyarakat Kota Cilegon karena alhamdulillah Cilegon telah meraih penghargaan Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan yaitu Swasti Saba Padapa (2013), Swasti Saba Wiwerda (2015), serta Swasti Saba Wistara (2017). Penghargaan ini menjadikan pengalaman dan motivasi kita bersama untuk mewujudkan Kota Cilegon yang sehat, bersih dan nyaman,” ungkapnya.

Dalam rangka mewujudkan salah satu agenda pembangunan Kota Cilegon yaitu Cilegon Cerdas dan Sehat, agenda Cilegon Bersih dan Sehat, saat ini Pemkot telah mengeluarkan kebijakan prioritas rencana pembangunan.

“Dalam upaya mewujudkannya, kami Pemkot Cilegon tengah mengelurkan beberapa kebijakan prioritas rencana pembangunan jangka menengah 2016-2021, yaitu peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan, peningkatan dua pukesmas menjadi RSUD tipe D, pembangunan gedung pusat laynanan RSUD 5 lantai, serta peningkatan kualitas pelayanan air bersih. Alhamdulillah telah banyak program-program Pemkot yang sudah dilaksanakan yang selaras dengan penyelenggaraan indikator Kota Sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Plt kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dr Muhammad Yusuf memaparkan, Kota Sehat bukanlah kesehatan badan secara individual, tetapi merupakan gerakan untuk mendorong inisiatif masyarakat menuju hidup yang sehat yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati bersama oleh masyarakat dan Pemerintah daerah.

“Dengan begitu bisa mendorong masyarakat secara keseluruhan dan menjadi suatu kebutuhan masyarakat sehingga mewujudkan kondisi kota yang aman, nyaman bersih dan sehat serta meningkatkan drajat kesehatan,” terangnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: