Dansat Brimob Polda Banten Pimpin Bersih-bersih Rumah Warga

BERITAKARYA.CO.ID, LEBAK - Hari kedua pasca banjir bandang yang menyebabkan enam kecamatan di Lebak tergenang, Sat Brimob Polda Banten langsung terjun ke lokasi banjir Lebak.
Ilustrasi bencana banjir
ILUSTRASI: Evakuasi pasca bencana banjir bandang di Lebak, Banten.

Korban banjir bandang di Lebak mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah dan seluruh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban mereka.

Untuk diketahui, hingga hari ini, Kamis (2/1/2020) warga korban banjir yang mengungsikan masih bertahan di Posko Bencana dan beberapa lokasi pengungsian.

Tim SAR Brimob Polda Banten, Polres Lebak dan dibantu masyarakat sekitar melaksanakan kegiatan pembersihan rumah rumah warga yang terendam banjir bandang di dua lokasi antara lain di Desa Sukajaya dan Desa Sukarame, Kampung Somang Kecamatan Sajira Lebak. Kamis, (2/1/2020) pukul 09.00 WIB.

Dansat Brimob Polda Banten, Kombes Dedi Suryadi mengatakan, ratusan personel kepolisian diturunkan ke lapangan dibantu masyarakat sekitar.

“Mulai membantu warga membersihkan lumpur serta sampah di rumah-rumah yang terendam banjir Bandang,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, personel Brimob bersama-sama membuat rakit guna membantu masyarakat yang menyeberang, maupun sebagai sarana pendistribusian logistik, karena jembatan yang menjadi akses penghubung dua desa tersebut masih terputus diterjang banjir.

Sementara itu, warga yang rumahnya terendam air mulai membersihkan tempat tinggal mereka dari sisa-sisa lumpur dibantu personel Sat Brimob Polda Banten, Polres Lebak, dan warga.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata mengungkapkan, personel yang terlibat membantu warga terdampak banjir sudah berada di lokasi banjir sejak kemarin.

Para personel Brimob dan Polres Lebak telah melakukan upaya upaya membuka akses jalan yg tertimbun longsor, mencari korban hilang, bersihkan puing puing rumah warga, serta melakukan pelayanan kesehatan di pengungsian.

“Selain pencarian korban hilang, kita juga sejak kemarin sudah mulai membersihkan rumah-rumah dari lumpur dan puing yang terendam banjir bersama pemda, TNI, Sar dan warga,” tuturnya.

Ia menegaskan Kapolda Banten telah menggerakkan 300-an personil yang terdiri Sat Brimob, Dit Samapta, Dit Polairud, Bid Dokkes, Bid Humas, Polres Lebak dan Polsek, serta menyiagakan personil lainnya guna membantu para terdampak bencana banjir.

“Polda Banten juga sudah menyediakan dapur umum untuk memberikan layanan makanan kepada warga di lokasi pengungsian serta memberikan layanan kesehatan,” terangnya.

Saatinidaridampakpascabanjirdihawatirkanmenyerangkesehatanmasyarakat yang mengungsi.

Penyakit yang berpotensi menyerang warga di pengungsian adalah batuk, pilek, flu dan lainnya.

Karenanya Biddokkes Polda Banten dan puskesmas telah memberikan obat-obatan untuk warga pengungsi.

Baehaqi

Categories
Lebak

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: