Dalam Rangka HPN, Wartawan Cilegon Gelar Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, Wartawan Cilegon menggelar khitanan massal dan santunan anak yatim di satu cafe di Cilegon, Minggu 27 Februari 2022....
Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono saat memberikan sambutan
Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono saat memberikan sambutan

Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono mengatakan sangat mengapresiasi kinerja wartawan yang melakukan kerja liputan di wilayah hukum Kota Cilegon.

“Untuk saya pribadi, dengan adanya teman-teman pers di Cilegon ini sangat membantu dalam menjaga konduktivitas, menginformasikan kegiatan-kegiatan kepolisian, sehingga masyarakat mengetahui informasi teraktual dari kami kepolisian,” ujar Sigit.

Selain itu Sigit juga mengingatkan kepada wartawan Cilegon agar mampu mempertahankan kinerja yang baik ini dengan selalu memberikan informasi sesuai dengan fakta dan perlu mengklarifikasi kepada narasumber agar tidak jatuh dalam hukuman yang berlaku.

“Judul berita berpengaruh kepada asumsi masyarakat, karena masyarakat belum membaca kalau judulnya tidak menarik. Kadang juga ada judulnya kemudian tidak pas dengan faktanya kita punya kewajiban untuk mengklarifikasi,” lanjut Sigit.

Sementara itu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jajuli Juwaini yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan hal yang sama. Ia berharap wartawan mentaati Undang-undang pers yang berlaku.

“Undang-undang pers sudah membuka ruang kebebasan yang luar biasa bagi teman teman pers tapi tentu semua kita berharap kebebasan dan penuh tanggung jawab dalam memberikan pencerahan menyampaikan informasi,” kata Jajuli.

Dalam kesempatan ini Jajuli juga menyinggung terkait teknisi pembuatan berita terhadap wartawan dalam membuat tulisan yang menghindari hoax.

“Kalau judul adalah kepandaian seorang wartawan menyusun kata dan saya tahu pasti harus menarik itu. Tapi kepandaian menyusun kata dalam judul itu tidak boleh bertentangan dengan faktanya supaya tidak menimbulkan hoax tadi,” tandasnya.

“Dunia pers juga tidak boleh memprovokasi masyarakat yang menyebabkan kehilangan keharmonisan ditengah masyarakat. Saya kira pesan moral seperti ini tidak bermaksud untuk mengekang pers karena undang undang sudah menjamin ada kebebasan pers,” pungkasnya.

Penulis : Crist

Editor : Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: