Corona Effect, Harga Jahe Naik 100 Persen

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Harga sejumlah rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, dan kencur mengalami kenaikan cukup tajam....
Pedagang Pasar Kranggot
MAHAL: Warga sedang memilih dan membeli jahe di Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Jumat (13/3/2020).

Selain karena pasokan dari sejumlah distributor tersendat, kenaikan harga rempah-rempah juga dipicu oleh mewabahnya Covid-19 atau Virus Corona.

Rempah-rempah dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya menangkal virus asal Wuhan , China itu.

Salah seorang pedagang Pasar Kranggot, Hasbuna mengatakan, kenaikan harga rempah-rempah terjadi setelah pemerintah mengumumkan perihal warga Indonesia yang positif Corona.

Harga jahe yang semula berkisar pada angka Rp30 ribu per kilogramnya kini naik menjadi Rp60 ribu per kilogram atau naik sekitar 100 persen dari harga normal.

“Kenaikannya sudah seminggu yang lalu,” kata Hasbuna, Jumat (13/3/2020).

Selain jahe, kenaikan juga terjadi pada komofiti lain seperti kencur. Semula harganya Rp60 ribu naik menjadi Rp80 ribu.

Selain itu, Kunyit dari harga Rp7 ribu menjadi Rp12 ribu, Temulawak dari Rp8 ribu naik menjadi Rp20 ribu per kilogram.

Di sisi lain, pasokan dari petani dan distributor juga berkurang lantaran tingginya permintaan kosumen terhadap rempah-rempah itu.

“Ini karena adanya penyakit (Corona) itu, pasokan dari petani berkurang, permintaan juga tinggi. Biasanya saya dikirim dari Bojonegara, Kabupaten Serang, sekarang harus nunggu dari Lampung atau daerah lain,” katanya.

Namun, meski harga komoditi tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan, para konsumen tetap memburu dan membelinya.

“Ya gimana ya, mau enggak mau ya harus beli. Karena kan kalau saya sudah biasa konsumsi rempah-rempah,” kata Janet, warga Komplek Pesona Cilegon.

Ia mengaku ada banyak manfaat dari mengonsumsi komoditas itu, salah satunya untuk ketahanan tubuh.

“Bagus untuk menjaga daya tahan tubuh apalagi sekarang ada Virus Corona,” kata dia lagi.

Janet mengaku kaget dengan kenaikan harga tersebut. Ia berharap pemerintah mengambil langkah cepat sebagai upaya terbaik dalam mengatasi kenaikan harga tersebut.

Iffan Gondrong

Categories
Ekonomi

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: