Cilegon Dapat Jatah 251.426 Vaksin Corona

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Kota Cilegon mendapatkan jatah vaksin Covid-19 untuk 251.426 orang yang akan didatangkan secara bertahap....

Dalam proses vaksinasi, Pemkot Cilegon akan memprioritaskan Tenaga Kesehatan (Nakes) dan pegawai pada sektor pelayanan publik.

Dimana proses penyuntikan vaksi akan dimulai pada pertengahan Januari mendatang dan dilakukan secara bertahap.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Dana Sujaksani menjelaskan, nakes dan petugas pelayanan publik seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Polisi, TNI, serta intansi terkait lainnya akan divaksin lebih awal.

“Tenaga kesehatan sebanyak 1.342 orang, petugas pelayanan publik seperti TNI, Polisi, Dishub, Satpol PP, dan yang berkaitan langsung dengan pandemi sebanyak 15.482 orang akan divaksin dari Januari hingga April,” kata Dana kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (5/1/2020).

Dana mengatakan, nakes dan petugas pelayanan publik diprioritaskan karena dianggap paling rentan dan berhadapan langsung dengan virus tersebut.

“Karena mereka garda terdepan dalam penanganan Covid-19 sehingga perlu dilindungi dulu, baru yang lainnya,” ujarnya.

Setelah nakes dan petugas pelayanan publik, lanjut Dana, proses vaksi akan dilakukan kepada masayarakat yang rentan seperti para pelaku ekonomi.

Untuk kategori ini, vaksin yang disiapkan sebanyak 207.582, proses penyuntikan akan dilakukan dari April 2021 hingga Maret 2022. Pada periode yang sama juga, pemerintah akan memvaksin kategori masyarakat lainnya sekira 27.020 orang.

Penyuntikan vaksin itu akan dilakukan secara serentak pada 13 Januari mendatang.Khusus di Kota Cilegon penyuntikan vaksin akan dilakukan di 32 tempat.

Diantaranya tiga rumah sakit yaitu RSUD Cilegon, Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM), dan Rumah Sakit Kurnia. Selanjutnya di sembilan Puskesmas, dan 20 klinik dengan total petugas sebanyak 266 orang.

“Kemudian terkait distribusi kita masih menunggu intruksi dari Provinsi (Banten) kapan kita bisa untuk ambil, yang jelas kita sudah siapkan tempat penyimpanan vaksin lokasinya di Kantor Dinkes lama untuk nanti dijadikan tempat penyimpanan sementara vaksin sebelum di distribusikan ke rumah sakit, klinik dan puskesmas,” tutur Dana.

Dijelaskan Dana, penyuntikan vaksin bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, untuk itu, masyarakat yang akan divaksin adalah masyarakat yang dinyatakan sehat dan belum terkonfirmasi positif Covid-19.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: