Cilegon Butuh 80 Relawan Nakes Untuk Tangani Pasien Covid-19

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemkot Cilegon membutuhkan relawan tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 80 orang....

Kebutuhan relawan nakes tersebut untuk memenuhi pelayanan penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Cilegon dan wisma isolasi baru untuk pasien tanpa gejala yang rencananya akan dibuka Pemkot Cilegon di fasilitas milik PT Krakatau Steel di Kecamatan Purwakarta.

Kepala Sub Bagian Umum RSUD Kota Cilegon Faruk Oktavian mengatakan, untuk relawan nakes di RSUD Cilegon dibutuhkan sebanyak 66 perawat dan empat orang dokter.

Faruk menjelaskan, kebutuhan relawan nakes tersebut mengacu pada petunjuk pelaksanaan penanganan pasien Covid-19, dimana satu pasien harus ditangani oleh dua orang perawat.

“Karena ada beberapa nakes yang positif juga, itu wajar karena setiap hari bulak-balik menangani pasien Covid-19,” kata Faruk kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Untuk ketersediaan tempat di RSUD Cilegon, lanjut Faruk, saat ini sudah tidak bisa menampung pasien Covid-19. Selain ruang rawat sudah penuh, Instalasi Gawat Darurat (IGD) juga harus ditutup karena digunakan untuk pasien Covid-19.

“Sekarang masih waiting list, jadi kalau ada pasien Covid-19 harus menunggu yang keluar dulu,” ujarnya.

Selain RSUD Kota Cilegon, ruang rawat di wisma isolasi bersama di Trans Hotel Cilegon di Kecamatan Cibeber juga diketahui telah terisi penuh.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon Dana Sujaksani mengungkapkan, dengan kondisi tersebut, Pemkot Cilegon harus menerapkan kebijakan waiting list atau daftar tunggu pasien.

Sehingga Pemkot Cilegon berencana akan membuka wisma isolasi baru untuk pasien tanpa gejala yang rencananya akan dibuka di Komplek Perumahan Krakatau Steel di Kecamatan Purwakarta.

“Rencana wisma itu dibuka dalam waktu segera,” ujarnya.

Untuk itu, kata Dana, pihaknya akan membutuhkan sebanyak 10 relawan nakes untuk ditempatkan di wisma isolasi baru tersebut.

“Tapi relawan yang basiknya (memiliki kemampuan dasar) perawat atau bidan, nanti di bawah koordinasi wisma isolasi bersama Trans Hotel,” pungkasnya.

Penulis : Zainal Mutakin

Categories
Kesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: