Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Pelayanan SIM Keliling Di Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen penanda kelayakan seseorang mengemudikan kendaraan yang memiliki masa berlaku terbatas. ...

Karena memiliki masa berlaku terbatas, bagi yang sudah memiliki SIM diwajibkan untuk memperpanjang masa berlakunya.

Namun, terkadang untuk memperpanjang masa berlaku itu, para pemilik SIM kerap menghadapi masalah tersendiri, seperti antrian panjang, tempat yang jauh atau tidak adanya waktu luang karena kesibukan.

Dengan kondisi tersebur, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon berupaya menghadirkan solusi dengan mengadakan pelayanan SIM Keliling (Simling).

Kasat Lantas Polres Cilegon, AKP Yusuf Dwi Atmojo mengatakan, Simling merupakan upaya mendekatkan pelayanan perpanjangan SIM kepada masyarakat.

“Pelayanan Simling menargetkan masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk memperpanjang masa berlaku SIM pada jam kerja,” kata AKP Yusuf kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

AKP Yusuf menerangkan, pelayanan Simling Polres Cilegon dilaksanakan pada setiap Jum’at pukul 14.00-16.00 WIB di area Landmark Cilegon dan melayani sekitar 15-25 orang.

“Sedangkan pelayanan Simling Polda Banten dilaksanakan pada setiap Sabtu pukul 10.00-16.00 WIB dan bertempat di City Mall Cilegon,” terangnya.

Lebih lanjut AKP Yusuf menambahkan, pelayanan Simling Polres Cilegon melayani segala jenis SIM dengan tarif yang bervariatif.

Tarif tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 76 Tahun 2020 Tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Polri.

“SIM A dan A Umum Rp 80 ribu, SIM C, CI, dan CII Rp 75 ribu, SIM BI, dan BII Rp 80 ribu dan SIM D Rp 30 ribu,” ujarnya.

Diketahui, untuk melakukan perpanjangan SIM tersebut, pemilik SIM diharuskan membawa sejumlah persyaratan diantaranya KTP asli dan fotokopi, SIM asli yang masih berlaku, Surat Keterangan Sehat dari Dokter dan Surat Keterangan lulus uji psikologi.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: