Buruh Cilegon Tegas Tolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Omnibus Law RUU Cipta Kerja telah resmi disahkan oleh DPR RI....

Kesepakatan RUU ini diambil dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020) kemarin.

RUU Cipta Kerja yang telah disahkan menjadi DPR menjadi undang-undang itu, mendapat penolakan dari seluruh serikat buruh. Sebab, regulasi dalam RUU itu dinilai merugikan pekerja.

Jutaan buruh yang tergabung dalam serikat pekerja melakukan aksi mogok kerja nasional. Salah satunya yang dilakukan oleh ribuan buruh di Kota Cilegon, Selasa, (6/10/2020).

Aksi mogok kerja buruh di Kota Cilegon juga tidak lain untuk menolak RUU Cipta kerja yang regulasinya dinilai merugikan hak-hak pekerja, serta mengorbankan buruh.

Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cilegon, Eko Purwanto mengatakan, setelah kemarin mengikuti aksi menolak RUU Cipta kerja di Jakarta, hari ini seluruh buruh melakukan aksi di masing-masing PUK.

Dengan tegas, dirinya bersama seluruh buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Logam (SPL) FSPMI menyatakan menolak omnibus law RUU Cipta Kerja.

“Hanya satu kata, tolak omnibus law,” ujarnya melalui pesan singkat.

Sementara itu Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal mengatakan, mogok nasional yang melibatkan jutaan buruh itu tersebar di 25 provinsi dan 150 kabupaten/kota. Aksi tersebut dilakukan tiga hari sampai Kamis, 8 Oktober.

“Aksi unjuk rasa dilakukan di masing-masing lingkungan pabrik, stop produksi,” ujar Said seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Selasa (6/10/2020).

Beberapa poin yang menjadi sorotan dan dinilai merugikan pekerja diantaranya yakni, penghapusan upah minimum, seperti Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), dan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Kemudian, regulasi lainnya yang dianggap merugikan pekerja yakni jam lembur lebih lama, pemotongan waktu istirahat, kontrak seumur hidup hingga rentan PHK, serta mempermudah perekrutan TKA.

Zainal Mutakin

Categories
Industri

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: