Bu Tatu, Warga Sertim Butuh JPO Nih

BERKARYA.CO.ID, SERANG – Pertumbuhan wilayah Serang Timur memang cukup pesat, tetapi itu justru menimbulkan masalah baru. Volume kendaraan di sana cukup padat sehingga kerap menimbulkan kemacetan dan meningkatnya tingkat...
Ilustrasi JPO/Net

BERKARYA.CO.ID, SERANG – Pertumbuhan wilayah Serang Timur memang cukup pesat, tetapi itu justru menimbulkan masalah baru.

Volume kendaraan di sana cukup padat sehingga kerap menimbulkan kemacetan dan meningkatnya tingkat kecelakaan lalu lintas. Kini, warga Sertim pun menuntut dibangunnya jembatan penyeberangan orang (JPO).

Salah seorang warga di Kecamatan Kibin, Trifty Qurata Aini mengatakan, lalu lintas wilayah Sertim yang juga menjadi jalan negara selalu menimbulkan kemacetan parah pada jam-jam tertentu.

Selain karena banyaknya kendaraan kecil maupun kendaraan pabrik yang lalu lalang, kemacetan juga timbul karena banyaknya buruh yang menyeberang jalan sehingga menimbulkan penumpukan laju kendaraan.

“Kalau jam kerja dan jam pulang itu pasti jalanan dari arah Cikande ke Kota Serang atau sebaliknya macet total hingga berjam-jam. Itu terjadi karena ribuan buruh pabrik yang bekerja di kawasan industri Sertim menyeberang jalan jadi mau tak mau menimbulkan penumpukan laju kendaraan,” ujarnya.

Dia menambahkan, dengan kerap terjadinya kemacetan total di wilayah Sertim, seharusnya Pemkab Serang bisa lebih peka dalam mengatasinya. Meski ada proyek interchange warga Sertim meminta dibangun JPO.

“Memang nanti ada interchange, tapi kan itu masih lama, lagian macetnya juga sudah sangat menggangu kami warga Sertim. Saya rasa pembangunan JPO di beberapa titik bisa mengatasi sedikit kemacetan ini, karena penyebab utama kemacetan yakni buruh yang menyeberang,” kata dia, Rabu (25/1/2017).

Dengan adanya JPO, lanjutnya, penyeerang bisa dialihkan ke atas jalan sehingga laju kendaraan bisa lebih lancar.

Hal senada diungkapkan Anggota DPRD Kabupaten Serang asal Kecamatan Kragilan, Heri Handoko. Ia menuturkan, dengan pembangunan JPO, selain dapat mengurai kemacetan, juga meminimalisasi timbulnya kecelakaan lalu lintas yang memang kerap terjadi di wilayah Sertim.

“Banyak juga terjadi kecelakaan karena pengendara yang tidak sabar terjebak macet mencoba menyodok namun malah nenabrak pejalan kaki yang menyeberang jalan,” ungkapnya.

Menurutnya, setidaknya ada beberapa titik yang harus dibangun JPO di antarannya di dekat PT Nikomas, Kecamatan Kibin dan jembatan Desa Sentul, Kecamatan Kragilan.

“Titik itu memang harus di bangun JPO karena sudah terlalu padat dengan jam aktivitas yang hampir 24 jam non stop,” pungkasnya.

Editor : Irfan Luthfi Arief

Categories
IndexSerang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: