BPK Periksa Laporan Keuangan Cilegon Tahun 2020

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) audit penggunaan anggaran Pemkot Cilegon selama tahun 2020....

Kepala BPK Perwakilan Banten, Arman Syifa ditemani oleh Pelaksana Harian (Plh) Walikota Cilegon, Maman Mauludin mengunjungi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Setda Kota Cilegon.

Arman mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan yang sudah dilaksanakan selama tiga minggu tersebut, melibatkan kantor akuntan publik yang merupakan kebijakan BPK baik di pemerintah pusat maupun daerah.

“Pemeriksaannya baru dimulai, baru 3 minggu, jadi belum ada kesimpulan apa-apa, masih proses, masih awal sekali. Tapi kami berharap dari proses ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya kepada wartawan, Jumat (19/2/2020).

Pemeriksaan keuangan, kata Arman, tentunya dengan beberapa poin kriteria yang sudah memenuhi syarat, salah satunya yakni minimal sudah 3 kali berturut meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Untuk Cilegon sudah 7 kali, jadi sudah memenuhi kriteria itu,” ujarnya.

Arman menjelaskan, ada dua proses tahapan dalam pemeriksaan laporan keuangan, yakni pemeriksaan interim dan pemeriksaan secara terperinci.

“(Pemeriksaan kepada) Semua OPD, jadi pemeriksaan atas semua pengelolaan keuangan selama satu tahun 2020, termasuk pertanggung jawaban kekayaan daerah dalam bentuk yang dilaporkan di neraca pada akhir 2020,” jelasnya.

Arman mengungkapkan, ada beberapa perubahan yang mempengaruhi pemeriksaan laporan keuangan. Hal itu lantaran adanya perubahan aturan pelaksanaan anggaran untuk menangani pandemi Covid-19.

“Itu juga menjadi perhatian kami, bahwa itu akan menjadi kriteria yang akan kami gunakan ketika menilai, misalnya kepatuhan,” ungkapnya.

Kendati demikian, lanjut Arman, laporan keuangan yang telah digunakan selama tahun 2020, akan tetap dipemeriksa.

Dimana, kata Arman, laporan yang telah disusun harus di review oleh Inspektorat Cilegon sebelum nantinya diserahkan kepada BPK.

“Itu nanti akan menjadi bahan juga bagi kami, bagaimana hasil reviewnya. Kalau memang ada hal yang perlu diperbaiki, itu akan menjadi perhatian, menjadi pertimbangan juga ketika kami merencanakan pemeriksaan terinci nantinya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Inspektorat Cilegon, Epud Saefudin mengatakan, hasil pemeriksaan interim yang saat ini tengah dilakukan akan disampaikan oleh BPK terlebih dahulu sebelum lanjut ke pemeriksaan terinci.

Epud menuturkan, laporan keuangan Pemkot Cilegon saat ini sedang disiapkan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang nantinya akan diserahkan kepada BPK.

“Tapi sebelum diserahkan ke BPK, harus terlebih dahulu di review oleh Inspektorat,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: