BNNK Cilegon Tes Urin Penghuni Kos di Citangkil

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cilegon bersama Pemerintah Kelurahan Citangkil adakan tes urin kepada penghuni tempat kos dan kontrakan, Rabu (30/12/2020)....

Kegiatan tersebut sebagai langkah untuk deteksi dini dan pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan kos dan kontrakan.

Petugas BNNK Cilegon, Iqbal Fahmi mengatakan, selain untuk deteksi dini dan pencegahan, kegiatan tersebut juga difokuskan untuk edukasi kepada masyarakat.

“Sambil kita melakukan screening melalui tes urin dan edukasi bahaya narkotika” kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, dengan ditutupnya tempat hiburan selama masa pandemi Covid-19, dimungkinkan ada pergeseran penyalahgunaan narkotika yang berpotensi di tempat hunian.

“Adanya pergeseran trend penggunaan, dari tempat hiburan sekarang lebih banyak ke hunian (kosan dan kontrakan),” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Citangkil, Feberwanto mengatakan, kegiatan tersebut telah dikordinasikan dengan seluruh jajaran RT/RW setempat.

Dengan dilakukannya kegiatan tersebut di lingkungan hunian seperti tempat kos dan kontrakan, Feberwanto berharap dapat menekan peredaran narkoba di wilayahnya.

“Kegiatan ini bisa rutin dilakukan dengan prioritas kita yaitu pencegahan peredaran narkoba,” tuturnya.

BNNK Cilegon sendiri nantinya akan melakukan assesment pembinaan lebih lanjut apabila ada penghuni kos dan kontrakan yang terindikasi positif.

Sedangkan untuk penghuni yang kedapatan memiliki barang haram tersebut, akan diserahkan kepada penegak hukum untuk di proses lebih lanjut.

Zainal Mutakin

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: