Banyak Oknum Bermain, Biaya Pemakaman di Makam Balung Bikin Syok

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Masyarakat keluhkan biaya penguburan jenazah di Makam Balung yang berlokasi di Lingkungan Tegal Cabe, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil....

Hal itu lantaran biaya yang diminta untuk proses pemakaman jenazah di Makam Balung tersebut mencapai nilai Rp4 juta.

Ketua RT 007/005, Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, Tono Santana mengungkapkan, biaya pemakaman sebesar Rp4 juta itu diminta oleh pihak yang mengaku pengurus tempat pemakaman tersebut.

Permintaan nominal biaya pemakaman itu sudah terjadi sejak Juni 2021 lalu. Ia mengetahui hal tersebut karena warga di lingkungannya meminta bantuan untuk mengurus pemakaman anggota keluarga yang wafat akibat Covid-19.

“Yang meminta pengurus pemakaman. Saya bayar ke mereka Rp4 juta, itu sudah clear,” kata Tono kepada wartawan, Senin (26/7/2021).

Tono menuturkan, sudah lima orang warga di lingkungannya yang meninggal akibat Covid-19 dan dimakamkan di Pemakaman Balung. Terakhir pada Senin (26/7/2021) pagi.

Tono berharap, biaya pemakaman terutama warga yang meninggal akibat Covid-19 tidak sebesar itu, karena keluarga yang bersangkutan akan mengeluarkan banyak biaya untuk keperluan mengurus jenazah.

“Kalau 2 juta atau 2,5 juta masih masuk akal, kalau 4 juta kasihan sohibul musibahnya juga, karena mereka mengeluarkan biaya juga segala macem, saat isoman juga kan pasti banyak biaya keluar,” ujarnya.

Terpisah, Bendahara Yayasan Makam Balung Bahrun Saiman mengaku bahwa pihaknya tidak pernah menerima biaya pemakaman jenazah dengan nominal mencapai Rp4 juta.

“Ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengklaim. Kalau dari kita pasti ada kwitansi sama stempel dari yayasan, itu ada kwitansinya gak?,” katanya.

Biaya Resmi Hanya 1 Juta

Menurut Bahrun, untuk pemakaman jenazah di Pemakaman Balung memang dikenakan biaya, akan tetapi tidak sampai sebesar itu.

“Kalau mereka daftar ke Yayasan memang dikenakan biaya. Bagi orang yang dulu kena gusuran itu untuk ongkos galinya hanya 1 juta dan untuk gotong royong untuk perawatan,” tuturnya.

Tapi bagi orang yang bukan warga gusuran jumlah biayanya 2,5 juta, rinciannya 1 juta untuk yayasan, 1 juta untuk yang menggali, dan 500 ribu untuk biaya perawatan dan pengamanan.

Bahrun kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menerima biaya pemakaman diluar yang telah ditentukan oleh pihak yayasan.

“Kalau asli dari kita itu ada kwitansi sama stempelnya,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: