Berkah Ramadhan, 423 KPM Terima Bantuan PKH

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Dinas Sosial (Dinsos) Cilegon serahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) baru kepada sebanyak 423 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Cilegon....

Penyerahan KKS tersebut diberikan kepada keluarga yang menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap dua, yang merupakan program yang berasal dari Kementerian Sosial tersebut bertujuan untuk pengurangan penduduk miskin dan kelaparan dengan pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta mengatakan, pencairan bantuan PKH tahap dua dengan nominal bantuan seluruhnya yang berkisar Rp4 miliar tersebut per-PKH menerima Rp750 ribu itu dinilai sangat tepat karena untuk persiapan saat Ramadhan dan menghadapi hari raya Idul Fitri.

“Sebenernya ini rejeki mereka dan hak mereka, digunakan untuk kebutuhan Ramadhan dan pokok sampai lebaran,” kata Sanuji usai acara pendistribusian KKS, Rabu, (21/4/2021).

Lebih lanjut, Sanuji mengungkapkan, penerima Bantuan Sosial tahap dua tersebut adalah hasil tambahan dari jumlah sebelumnya, dimana diketahui jumlah total penerima bantuan pada tahap dua sebanyak 6.207 PKH.

423 KPM, kartu baru, peserta baru,” imbuhnya.

Sanuji berharap Bantuan Sosial (Bansos) yang lainnya juga dapat terealisasi di bulan Ramadhan ini.

“Agar dapat membantu mereka mempersiapkan untuk lebaran. Dan para pendamping agar dapat mengawal realisasi ini, jangan sampai terhambat dengan syarat-syarat pencairan,” pungkasnya.

Kepala Dinsos Cilegon, Ahmad Jubaedi mengatakan, penyaluran bantuan sosial PKH di Cilegon pada 2021 ini dilaksanakan secara non tunai melalui lembaga bayar Bank Mandiri.

“Bantuan diterima sebanyak 4 kali dalam setahun, maksimal 4 kategori dalam satu keluarga,” ujarnya.

Adapun lanjut Jubaedi, kategori yang masuk dalam syarat penerima bantuan PKH yaitu komponen kesehatan dengan kategori ibu hamil dan anak balita.

Komponen pendidikan dengan kategori anak SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MAN atau sederajat, dan komponen lainnya yaitu kesejahteraan sosial dengan kategori lanjut usia di atas 70 tahun dan kategori disabilitas berat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh stake holder dan seluruh SDM PKH yang telah mengawal pelaksanaan di Kota Cilegon,” tandasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: