Belum Tetapkan Walikota Cilegon Terpilih, KPU Masih Tunggu MK

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon hingga saat ini belum menetapkan Pasangan Calon Kepala Daerah terpilih di Pilkada Cilegon 2020....
Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi/Foto Repro rmol.co/NET

Ketua KPU Cilegon, Irfan Alvi mengatakan, hal tersebut lantaran pihaknya masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) perihal pemberitahuan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU RI.

“Sampai saat ini kita masih menunggu surat yang dari KPU RI, yang tindak lanjut dari MK. Nanti kalau misalkan surat sudah datang, yah nanti kita 3 sampai 5 hari akan segera kita keluarkan,” kata Irfan melalui sambungan telepon, Rabu (20/1/2021).

Irfan mengungkapkan, dari yang di jadwalkan, MK seharusnya menyerahkan pemberitahuan permohonan yang teregistrasi dalam BRPK kepada KPU RI pada hari ini.

Dimana, lanjut Irfan, sesuai mekanismenya, KPU RI nantinya akan memberikan tembusan surat pemberitahuan tersebut kepada KPU di tingkat kabupaten/kota.

“Kalau di jadwal MK kan sedianya seharusnya hari ini, tapi kita tetap masih menunggu, karena mekanismenya kan dari MK ke KPU RI baru nanti ke kabupaten/kota,” ujarnya.

Namun demikian, Irfan menuturkan, kemungkinan penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih pada Pilkada serentak 2020 akan diumumkan antara tangga 21-23 Januari 2021.

“Dalam pekan ini lah. Patokannya tetap menunggu dari KPU RI dulu, kalau hari ini datang sih (surat pemberitahuan) yah di tanggal-tanggal itu, kalau hari ini misalkan datang yah suratnya,” tuturnya.

Diketahui, pada Pilkada Cilegon yang digelar serentak 9 Desember 2020 lalu, Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Helldy-Sanuji unggul dari 3 pasangan kandidat lainnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: