Becak Segera Mengaspal di Ibukota

BERITAKARYA.CO.ID,JAKARTA - Setelah lama menjadi barang antik di Ibukota Jakarta, becak akan kembali mengaspal di Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana merevisi Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.
ilustrasi becak/NET

Dilansir dari detik.com, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Massdes Arouffy di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018) mengatakan, persoalan becak tinggal menunggu revisi perda.

“Kalau becak kan kita sudah sepakat nunggu perda. Kan revisi perda lagi dikeluarin oleh Biro Hukum sama Satpol PP,” kata Massdes Arouffy.

Namun Massdes belum bisa memastikan isi perda baru yang sedang dibahas tersebut. “Ada wacana begitu (akomodasi operasional becak), tapi kalau belum ditetapkan kan saya nggak bisa pastikan,” ujarnya.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi justru mempertanyakan kebijakan Gubernur DKI, Anies Baswedan yang akan melegalkan becak di sejumlah tempat. Pras akan meminta kajian bila Pemprov DKI akan merevisi Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum itu.

“Ini Ibukota negara, lo. Becak dari zaman Ali Sadikin dijadikan rumpon. Sekarang kok dihidupkan lagi. Kalau mereka tertib sih nggak apa-apa. Tapi biasanya perlunya 100, tapi yang datang sejuta. Terus pengendalian pemerintah gimana?” kata pria yang biasa disapa Pras itu di gedung DPRD DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedanmengatakan belum menyelesaikan aturan terkait operasional becak. Namun ia mengatakan akan segera melengkapinya.

“(Peraturan operasional becak) nanti, nanti aja kalau udah siap semua,” ujar Anies saat menghadiri acara di Kampung Rawa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (7/10/2018) seperti dilansir detilk.com.

Pada bagian lain, Ketua Serikat Becak Jakarta (Sebaja), Rasdullah mengaku bersyukur atas kinerja Anies yang kembali mengizinkan becak beroperasi. Menurutnya, para penarik becak di Jakarta kini merasa sudah ‘merdeka’.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Nasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: