Banyak Pasien Tercatat di Cilegon, Dinkes Evaluasi Pendataan Covid-19

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sistem pendataan terkait penambahan pasien Covid-19 di Cilegon tengah dievaluasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon....

Hal itu disebabkan Dinkes mendapati banyak pasien yang berasal dari luar Cilegon yang terdata sebagai pasien asal Cilegon.

Plt Dinkes Cilegon, Dana Sujaksani mengatakan, tengah mencari formulasi untuk memperketat pemilahan data pasien yang masuk.

Langkah tersebut, untuk memperjelas situasi penambahan jumlah kasus pasien yang terpapas Covid-19 di Kota Cilegon.

“Kami sedang evaluasi, bagaimana caranya data yang masuk bisa disaring lebih ketat lagi. Jangan sampai warga bukan dari Kota Cilegon, tapi terdata sebagai warga Cilegon,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Kamis (24/9/2020).

Dana mencontohkan, pada kasus penambahan pasien terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 42 orang pada Selasa (22/9/2020) kemarin.

Ternyata, kata Dana, dari puluhan pasien baru tersebut, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari Cilegon hanya 3 orang.

“Jadi mayoritas itu adalah pasien hasil temuan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) beserta rentetannya. Itu rata-rata bukan warga lokal, tapi dalam data dimasukan sebagai warga Cilegon,” ujarnya.

Dana menambahkan, hal itu berpengaruh besar terhadap penetapan status zona merah yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan.

Namun disayangkan, temuan Dinkes Cilegon itu tidak dapat menganulir penetapan status zona merah di Cilegon.

“Temuan kami sebetulnya sudah saya laporkan kepada Dinkes Banten. Namun memang, status zona merah tidak bisa dianulir. Makanya, kami hanya bisa fokus di hari-hari berikutnya. Jangan sampai hal sama terjadi lagi, orang luar yang kena Covid-19 terdata sebagai warga Cilegon,” tuturnya.

Disisi lain, pihak Dinkes Cilegon saat ini tengah mencari hotel khusus bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19, dimana dia telah berkoordinasi dengan PHRI terkait hal itu.

“Dalam waktu dekat, kami akan memperdalam pembahasannya dengan PHRI,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonKesehatan

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: