Bantu Masalah Banjir di Cilegon, B2PJN Akan Perbaiki Gorong-Gorong Jalan Nasional

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) Banten akan membantu penanggulangan banjir di Kota Cilegon....

Untuk mengatasi masalah banjir tersebut, B2PJN Banten akan memperbaiki saluran air atau gorong-gorong sepanjang Jalan Nasional yang menjadi salah satu pemicu banjir Kota Cilegon.

Kepala Seksi Preservasi B2PJN Banten Oktober Ferry Silitonga mengatakan, untuk penanggulangan banjir tersebut, pihaknya akan memperlebar ukuran gorong-gorong.

Dimana menurut Okto, ukuran gorong-gorong yang saat ini hanya memiliki lebar 1,5 meter, akan dibuat rata-rata menjadi 5 meter.

“Dari ukuran yang sekarang ini 1,5 meter kali dua, kita tambah ukurannya menjadi rata-rata hampir 5 meter kali dua semua, dan dimensi penampungnya lebih besar dari sekarang,” kata Okto usai rapat bersama Pemerintah Kota Cilegon di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata ruang (DPUTR), Kamis (27/5/2021).

Okto mengungkapkan, perbaikan gorong-gorong yanh dianggarkan sebesar Rp24 Milyar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu, dikhususkan untuk Jalan Nasional saja, meskipun dalam pekerjaannya akan melewati lahan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kalau itu ibaratnya lanjutan, nanti PT KS sifatnya melanjutkan daripada buangan gorong-gorong kita. Kita hanya sebatas mengalirkan air dari pemukiman mengalir ke laut, hanya sebatas di Jalan Nasional. Dikerjakan oleh Bina Marga Kementerian PUPR,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala DPUTR Cilegon Muhammad Ridwan menjelaskan, proyek perbaikan gorong-gorong tersebut akan mulai dilaksanakan pada Juli mendatang yang akan difokuskan di 10 titik yang melewati 6 kelurahan.

“Mulai dari simpang Jalan Lingkar Selatan Cibeber, Ramanuju, Samangraya, Warnasari, Kubangsari, Tegalratu,” papar Ridwan.

Terkait pengerjaan perbaikan gorong-gorong yang pembuangan airnya bakal melewati lahan milik PT Krakatau Steel, Ridwan mengaku pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Perusahaan BUMN tersebut.

“Karena setelah kita lebarkan harus ada pembuangan yang lebih lebar lagi, cuma gorong-gorong yang dibuat KS itu juga kecil makanya harus diperlebar lagi. Tapi itu tanggung jawab KS karena di luar Jalan Nasional,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: