Banjir di Ciore Waseh, Warga Minta Solusi Konkrit Pemkot Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Warga Lingkungan Ciore Waseh, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol keluhkan banjir yang terjadi di lingkungannya....

Hal itu lantaran Lingkungan Ciore Waseh kerap tergenang air setiap kali hujan turun, salah satunya pasca hujan deras yang mengguyur Cilegon selama 1 jam pada Rabu (9/6/2021) siang.

Air dengan ketinggian 40 centimeter yang merendam sejumlah rumah warga tersebut berasal dari luapan air di drainase yang tak mampu menampung curah hujan.

“Banjir ini dari depan jalan masuk ke sini semua. Selokan nya kurang lebar terus pembuangan airnya kecil,” kata Wasyid, salah satu warga terdampak, Kamis (9/6/2021).

Wasyid menuturkan, meskipun air sudah surut dalam hitungan jam, namun rumah warga di Lingkungan Ciore Waseh sudah terlampau sering tergenang air setiap kali turun hujan.

“Apalagi kalau malam hujannya, saya engga bisa tidur. Kalau siang sih masih mending,” tuturnya.

Tokoh pemuda Kelurahan Kotasari Firmanullah menjelaskan, penanganan banjir di wilayahnya khususnya di Lingkungan Ciora Waseh itu perlu melibatkan sejumlah pihak terkait.

“Dalam hal ini jangan hanya pemerintah daerah saja, kita harus memikirkan yang lainnya. Karena dari pihak swasta dan BUMN dalam hal ini mungkin KIEC juga harus terlibat, kita duduk bareng lah,” ujarnya.

Keterlibatan pihak lain dalam penanganan banjir tersebut, lanjut Firman, karena tanah yang akan dilewati aliran air juga merupakan tanah milik swasta.

“Karena kali yang ada yang membentang dari Kelurahan Grogol sampai Kelurahan Kotasari bahkan sampai Kelurahan Rawa Arum itu tidak ada tembusnya, sehingga ketika banjir ya acak-acakan ke rumah warga. Maka dari itu KIEC harus membuat tembusannya dari kali ke laut dan dalam hal ini pemerintah yang memfasilitasi,” jelasnya.

Firman juga mengaku, sedang mengumpulkan data-data terkait banjir yang sering melanda wilayahnya dan akan diajukan ke pihak yang berwenang guna penangananya.

Sementara, Ketua RT 01/02 Lingkungan Ciora Waseh, Fadli meminta Pemkot Cilegon segera meninjau dan memberikan solusi konkrit dalam penanganan bencana musiman yang sudah menahun itu.

“Masalahnya ini bukan banjir di jalan, tapi di tempat tinggal warga, sementara ada warga yang sedang sakit parah, jadi ketika banjir itu kita harus menggotongnya ke tempat aman,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: