Bamsoet Mundur, Karpet Merah Bagi Airlangga

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Jalan untuk Airlangga Hartarto kembali memimpin Partai Golkar makin terbuka. Hal itu setelah rivalnya, Bambang Soesatyo mundur dari bursa calon Ketum Partai Golkar.
Ketua DPR, Bambang Soesatyo/NET

Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar pun besar kemungkinan akan diselesaikan dengan cara aklamasi untuk memilih ketua umum.

Ibarat pepatah, mundurnya Bamsoet membuat proses karpet merah tak perlu sulit untuk segera digelar bagi Airlangga Hartarto.

“Kemungkinan besar arahnya kepada aklamasi,” ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily seperti dilansir RMOL.id, Selasa (3/12/2019).

Meski begitu, Ace menegaskan bahwa Munas akan tetap dilakukan sesuai mekanisme yang diatur dalam aturan AD/ART.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menyebutkan beberapa pleno yang akan dilalui di Munas, salah satunya persidangan-persidangan yang berkaitan tata tertib hingga penetapan ketua umum.

“Mekanisme sesuai dengan AD/ART tetap harus dilalui. Proses persidangan tetap akan dilaksanakan,” tukasnya.

Pada bagian lain, mundurnya Bambang Soesatyo dari bursa pencalonan Ketua Umum Golkar disinyalir masih ada kaitannya dengan pernyataan Presiden Joko Widodo.

Jokowi menyebut pihak-pihak yang menggulirkan wacana penambahan jabatan presiden tiga periode ‘sedang cari muka’ dan menampar muka Jokowi.

Sebagai Ketua MPR RI, Bamsoet beberapa kali kerap menyuarakan wacana penambahan masa jabatan presiden dalam rencana amandemen UUD 1945.

“Sah saja jika ada yang mengaitkan dengan hal itu. Apalagi presiden terlihat marah belakangan terkait masa jabatan presiden 3 periode,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno seperti dilansir rmol.id.

Kendati demikian, Adi menilai ada hal lain yang lebih besar dari keterkaitan pernyataan Presiden Jokowi soal wacana presiden tiga periode yang digulirkan Bamsoet.

“Logika politik awam samar melihatnya. Yang jelas ada kekuatan dan kepentingan besar yang bisa membuat Bamsoet mundur,” ujar pengamat politik UIN Syarief Hidayatullah Jakarta itu.

Sumber RMOl.id

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: