Astaga! Satu Lagi Pulau Kecil di Banten Hilang

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG – Jika di Jakarta pasangan gubernur  wakil gubernur terpilih sedang berupaya mengevaluasi reklamasi Teluk Jakarta, di Kabupaten Serang malah pulau hilang lagi akibat reklamasi. Pulau yang telah...
Ilustrasi Pulau-pulau Kecil/NET

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG – Jika di Jakarta pasangan gubernur  wakil gubernur terpilih sedang berupaya mengevaluasi reklamasi Teluk Jakarta, di Kabupaten Serang malah pulau hilang lagi akibat reklamasi.

Pulau yang telah menyatu dengan daratan itu adalah Pulau Cikantung, Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang teletak di kordinat Latitude: -5°57’52.85″Longitude: 106°6’25.34″ itu kini sudah menyatu dengan daratan.

Dengan hilangnya Pulau Cikantung, maka hal itu menambah catatan hilangnya pulau-pulau kecil di sekitar Bojonegara, Kabupaten Serang. Jauh sebelumnya, pulau kecil lainnya yakni Pulau Kemanisan yang juga terletak di Bojonegara sudah lenbih dulu hilang dan menyatu dengan daratan. Pulau Kemanisan kini menjadi bagian dari lahan perusahaan.

Informasi tentang Pulau Cikantung yang “hilang” akibat reklamasi itu diterima Redaksi beritakarya.co.id, Rabu (17/5/2017) dari warga Bojonegara yang gelisah dengan hal itu.

“Pulau Cikantung sekarang sudah menyatu dengan daratan akibat reklamasi. Saya tidak tahu perusahaan apa yang melakukan reklamasi itu, yang pasti pulau itu kini akan hilang,” kata warga Kepuh, Bojonegara, Titin Kholawiyahsore tadi.

Dia mengaku sedih dan sangat sakit menghadapi kenyataan itu. Selama ini, Pulau Cikantung menjadi tempat bagi warga mencari kerang terutama di Bulan Haji. Selain itu, tradisi warga yang biasa dibawa ke Pulau Cikantung setekah disunat juga akan hilang.

“Biasanya warga yang baru disunat akan dibawa ke Pulau Cikantung untuk ziarah ke Buyut Cikantung. Sekarang hal itu tentu tidak bisa dilakukan lagi,” tegasnya.

“Sakit dan sedih. Itulah yang kami rasakan. Pemerintah seharusnya hadir untuk menjawab itu semua. Kehadiran pemerintah jangan hanya selogan semata,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak pemerintah yang bertanggungjawab atas keberadaan pulau-pulau kecil hingga berita ini ditulis belum dapat dikonfirmasi.

Iffan Gondrong

Categories
Serang

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: