Aplikasi EMIS 4.0 Kemenag Dikeluhkan Madrasah

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Sistem pengelolaan data pokok pendidikan atau EMIS 4.0 dikeluhkan oleh madrasah....

Aplikasi yang di rilis Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) pada Februari 2021 itu banyak dikeluhkan oleh pengurus madrasah, karena kesulitan dalam mengoperasikan.

Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Furqon, Syafaat. Pasalnya, menurutnya aplikasi EMIS 4.0 cukup sulit dalam pengaplikasiannya.

“EMIS 4.0 ini baru. Ini memang teknis, tapi cukup menyusahkan walaupun memang sebetulnya sangat penting dengan data-data yang ada di sekolah,” kata Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Furqon, Syafaat, usai mengikuti acara pembinaan Kepala Madrasah di Aula Kantor Kemenag Kota Cilegon, Rabu (19/5/2021).

Syafaat juga mengungkapkan, selain kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi EMIS 4.0, pihak Madrasah juga dibebankan untuk biaya operator.

“Statement dari pusat itu kepala sekolah harus memberikan insentif lebih kepada operator,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kota Cilegon, Idris Jamroni mengatakan, pihaknya menampik aplikasi yang dianggap sulit di operasikan.

Ia juga mengaku akan mengadakan pelatihan terkait sistem pengelolaan data pokok pendidikan tersebut untuk setiap operator di sekolah.

“Gak juga sebetulnya ketika kita mempelajari petunjuk teknis pelaksanaan EMIS 4.0 itu. Nanti ada pelatihannya,” katanya.

Idris mengungkapkan, dalam pelaksanaan EMIS 4.0 tersebut memang terdapat kendala yang berpotensi menghambat dalam pengiriman data.

“Maka itu sudah kita lakukan perbaikan untuk menambah daya kecepatan bagaimana mengakses dan mengimpor data,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Cilegon, Titin Fatimah menjelaskan terkait pembiayaan untuk operator aplikasi EMIS 4.0 yang dianggap memberatkan pihak Madrasah itu dapat dialokasikan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Kita juga merasa kasihan, tapi ya mau bagaimana lagi. Kita hanya memberikan informasi dari pusatnya, silakan ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: