Antisipasi Kelangkaan Obat dan Vitamin, Polres Cilegon Akan Sidak Apotek

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Polres Cilegon akan melakukan pemeriksaan seluruh apotek di wilayah hukum Polres Cilegon....

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi kelangkaan obat dan vitamin yang menjadi kebutuhan yang sangat penting saat masa pandemi Covid-19.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, pihaknya telah mengimbau dan menginstruksikan seluruh jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Cilegon untuk menyisir setiap apotek guna menghindari kecurangan yang disebabkan kelangkaan obat dan vitamin.

“Sejauh ini belum ada laporan, tetapi kami kemarin dengan Kejari mengambil langkah duluan sebagai langkah pencegahan untuk memasang imbauan itu,” kata Kapolres kepada wartawan melalui sambungan telepon, Jumat (9/7/2021).

AKBP Sigit mengungkapkan, pemeriksaan tersebut akan rutin dilaksanakan, diantaranya pemeriksaan terkait Harga Eceran Tertinggi (HET) saat ini dan sebelumnya sesuai dengan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang dikeluarkan untuk obat atau vitamin.

“Kalau misalnya HET-nya yang dulu tentukan harganya menyesuaikan yang lama, nah kemudian harga eceran terbaru ini apakah nanti itu berlakunya untuk obat yang dikeluarkan yang sekarang-sekarang dengan harga baru,” ujarnya.

Kapolres menuturkan, pada pelaksanaanya pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Banten, Bareskrim Polri, dan Dinas Kesehatan untuk mendapatkan data harga obat dan vitamin di pasaran. Hal itu dilakukan agar sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, Polres Cilegon juga menegaskan telah bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilegon untuk melakukan pencegahan dan mengimbau para pemilik apotek agar tidak memainkan harga obat dan vitamin yang saat ini banyak diburu warga.

“Tapi kalau memang niatnya menimbun, niatnya memang tidak mengikuti aturan yang terbaru ya pasti ditindak. Kita kerjasama dengan Kejari Cilegon sudah memasang pamphlet-pamflet, sudah memberikan imbauan-imbauan kepada pemilik apotek di Cilegon,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Hukum & Kriminal

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: