Andika: Perda Pengelolaan Keuangan Daerah Upaya Transparansi Pemprov Banten

BERITAKARYA.CO.ID, SERANG - Pemprov Banten telah resmi memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Keuangan Daerah....

Perda tersebut disahkan oleh DPRD Banten dalam Rapat Paripurna tentang persetujuan pengesahan Rancangan Perda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah menjadi Perda di Gedung DPRD Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Selasa (31/8/2021) kemarin.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, Perda tersebut sebagai upaya pemerintah dalam transparansi pengelolaan keuangan daerah.

“Tentu ini sebagai bagian dari upaya Pemprov Banten untuk dapat transparan dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Andika melalui keterangan pers kepada wartawan, Rabu (1/9/2021).

Andika menuturkan, Perda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah tersebut merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Wagub Andika menyebutkan, Pemprov Banten sebelumnya telah memiliki Perda nomor 7 tahun 2006 tentang Pokok-pokok Pengelolaan keuangan Daerah yang disusun berpedoman pada PP nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Dengan terbitnya PP 12/2019, Perda 7/2006 telah dicabut dan harus ditindaklanjuti dengan penyusunan Perda yang baru yang diamanatkan harus dimiliki daerah maksimal dua tahun setelah PP 12/2019 diundangkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Andika mengatakan, penyusunan Perda Pengelolaan Keuangan Daerah itu memiliki landasan filosofis atas pandangan hidup, kesadaran dan cita hukum dan landasan sosiologis yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, serta landasan yuridis untuk menyesuaikan dengan peraturan yang lebih tinggi.

Secara umum, lanjut Wagub, perda itu mengatur tentang ketentuan umum, pengelola keuangan daerah, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah, penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah, hingga pelaksanaan dan penatausahaan.

“Berikutnya perda tersebut juga mengatur tentang laporan realisasi semester pertama APBD dan perubahannya,” pungkasnya.

Uploader: Zainal Mutakin

Categories
Banten

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: