Andika: Pemprov Banten Serius Cegah Terjadinya Korupsi

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Pemprov Banten serius dalam melakukan pencegahan terjadinya tindakan korupsi di lingkungan kerja pemerintah....

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Banten Andi Hazrumy, dalam kegiatan sosialisasi sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) kepada ratusan pejabat eselon 2 dan 3 serta BUMD di Lingkungan Pemprov Banten, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, pada Kamis (17/6/2021) kemarin.

Andika mengatakan, selain bertujuan untuk mencegah tindak pidana korupsi, sosialisasi tersebut diharapkan dapat menjadikan pelayanan publik yang efektif dan efisien di lingkungan kerja Pemprov Banten.

“Sengaja upaya ini kami lakukan secara terus-menerus dengan tujuan terjadinya
pelayanan publik yang efektif dan efisien serta mencegah terjadinya korupsi,” kata Andika melalui siaran pers, Jumat (18/6/2021).

Dalam sosialisasi yang sebagian besar diikuti secara virtual tersebut, Wagub Andika menyebutkan perihal Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli.

Dimana, lanjut Politis Partai Golkar itu, PP tersebut dengan tegas menyatakan bahwa praktik pungutan liar telah merusak sendi kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Sehingga, upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera perlu dilakukan,” ujarnya.

Andika mengungkapkan, sebagai keseriusan dalam mencegah tindak korupsi, Pemprov Banten sendiri telah membentuk Satgas Saber Pungli sejak 2017 lalu.

Hal itu merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 180 tahun 2016 tentang Pengawasan Pungutan Liar Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, serta Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 700 tahun 2016 tentang Pembentukan Unit Satgas Saber Pungli Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Terakhir Satgas Saber Pungli Tingkat Provinsi Banten itu kita perbaharui tahun 2021 ini melalui Keputusan Gubernur,” kata Andika.

Andika menuturkan, fungsi Satgas Saber Pungli adalah menyelenggarakan fungsi intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi yang dilaksanakan oleh masing-masing kelompok kerja unit.

Salah satu kegiatan tim Saber Pungli, kata Andika, yakni secara rutin dilaksanakan setiap tahun adalah berupa sosialisasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kelompok masyarakat.

“Sasaran sosialisasi terutama ditujukan pada fungsi-fungsi pelayanan publik, seperti pelayanan perizinan, pajak dan retribusi daerah, pelayanan kependudukan, perhubungan dan lain-lain,” ujarnya.

Uploader: Zainal Mutakin

Categories
Banten

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: