Aksi di Landmark, PMII Sorot Kinerja KPU dan Bawaslu Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Cilegon, gelar aksi dalam merefleksi kinerja penyelenggara pemilu....

Dalam aksi yang digelar di bundaran Landmark Cilegon, Jumat (7/2/2020) PMII mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai penyelenggara pesta demokrasi khususnya di Kota Cilegon, untuk berorientasi kepada kepentingan rakyat.

“Untuk merefleksikan bahwa demokrasi kita hari ini, harus betul-betul memang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat, sehingga hasil dari pada demokrasi kedepan betul-betul representasi dari masyarakat,” kata Ketua PMII Cabang Cilegon, Edi Junaedi.

KPU dan Bawaslu Cilegon, kata Edi, harus serius dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelaksana, pengawal dan pengawas demokrasi, terutama jelang dilaksanakannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

“Kita mengingatkan agar kecurangan dan lain sebagainya tidak dilakukan, sehingga hasil pilkada menghasilkan demokrasi yang sehat,” ujar Edi.

Edi juga mengatakan, kasus suap yang melibatkan salah satu Komisioner KPU Pusat, sangat mencederai nilai demokrasi di Indonesia. Oleh karena itu, lanjut Edi, PMII mengingatkan agar hal serupa tidak terjadi pada KPU dan Bawaslu Cilegon.

“Kita sangat terpukul dengan tragedi yang terjadi di KPU pusat, ada suap, tindak pidana korupsi, sehingga kita merefleksikan itu agar KPU dan Bawaslu di daerah (Cilegon) tidak melakukan itu,” tuturnya.

Edi dengan tegas mengatakan, KPU dan Bawaslu Cilegon harus serius dalam menjalankan tupoksinya sebagai pelaksana pemilu, terlebih KPU dan Bawaslu mendapatkan anggaran dari APBD yang jumlahnya tidak sedikit.

“Jangan sampai KPU dan Bawaslu hanya menjadi alat rutinitas rotasi para elit. Kita mengawal KPU dan Bawaslu. Kita akan melakukan pengawalan itu secara serius,” tandasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Politik

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: