Akhirnya, Sinyal Black Box Lion Air Terdeteksi

BERITAKARYA.CO.ID, JAKARTA - Teka-teki keberadaan kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 terjawab sudah. Tim SAR Gabungan telah mendapatkan sinyal kotak hitam atau black box pesawat nahas tersebut.
TIM PENYELAM/Foto Repro CNNIndonesia.com/NET

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Wakil Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Haryo Satmiko mengatakan sinyal kotak hitam itu didapatkan dari lokasi pencarian jatuhnya pesawat bertipe Boeing 737 Max 8 tersebut.

“Memang benar titik signal suara atau ping,” kata Haryo saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (31/10/2018).

Dia mengatakan sinyal tersebut didapat dari alat Ping Locator dan telah dibuktikan dengan menggunakan robot penyelam atau Robotly Underwater Vehicle (ROV).

Tim penyelam saat ini diterjunkan untuk membuktikan dan memastikan apakah sinyal tersebut berasal dari kotak hitam milik Lion Air JT-610.

Direktur Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional (Basarnas) Tim SAR Gabungan sebelumnya mendeteksi benda yang diduga badan atau bodi pesawat Lion Air JT-610 di Perairan Tanjung Pakis. Tim SAR Gabungan tengah mengecek dugaan itu dengan menerjunkan tim penyelam.

“Objek yang diperkirakan, kami tidak boleh menduga. Hasilnya akan kita tunggu, yang diperkirakan bagian besar dari target yang kita cari, bodi pesawat. Ini kita tunggu dan sedang dalam proses pencarian,” kata Didi saat memberikan keterangan pers di Kantor Basarnas, Jakarta Pusat.

Dia pun berkata, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi juga tengah berada di lokasi untuk memeriksa objek tersebut.

Namun begitu, Didi mengaku belum dapat memastikan apakah benda tersebut memang bodi pesawat Lion Air JT-610 atau tidak.

Ia menyatakan pihaknya akan memastikan terlebih dahulu dan akan memberikan informasi lebih lanjut soal temuan benda tersebut pada pukul 19.00 WIB.

Baca Sumber

Uploader: Iffan Gondrong

Categories
Nasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: