Ada Warga Jombang Tak Dapat Bantuan RTLH, Anggota DPRD Buatkan Proposal

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Anggota Komisi III DPRD Cilegon Rahmatulloh datangi Kantor Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Senin (16/8/2021)....

Hal itu lantaran adanya aduan dari warga yang mengaku tidak mendapatkan bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layah Huni (RS-RTLH).

“Hari ini saya membantu warga di lingkungan jombang ada masyarakat yang rumahnya kurang layak untuk dihuni,” kata Rahmatulloh kepada wartawan, Senin (16/8/2021).

Diketahui, Nana Maulana salah seorang warga Lingkungan Barokah, Kelurahan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang yang rumahnya sudah tidak layak huni, tak dapat bantuan RTLH yang merupakan program Dinas Sosial (Dinsos) Cilegon.

Oleh karena itu, Anggota Fraksi Persatuan Demokrat tersebut berinisiatif membuat proposal untuk membantu masyarakat agar mendapatkan bantuan RTLH.

“Baik dari Baznas atau dari Dinsos ataupun dari Pemkot Cilegon, mana saja yang cepat, yang penting ini teranggarkan,” jelasnya.

Ia juga meminta, agar Dinsos Cilegon dapat menganggarkan dana yang lebih besar. Karena menurut Rahmatulloh, jumlah 142 RTLH yang dibagi untuk 8 kecamatan itu terlalu sedikit.

“Penerima RTLH itu paling 7-15 juta. Anggaran sebesar itu hanya untuk apa? Paling hanya untuk lantai ataupun dinding, sementara yang kami lihat di lapangan atapnya harus dibongkar, terus dindingnya dan kelayakannya harus benar- benar dibantu, apalagi mereka adalah orang-orang yang terimbas PPKM yang tidak punya penghasilan selama hampir 1 tahun lebih ini,” ujarnya.

Selain itu, Rahmatulloh meminta agar pihak kelurahan maupun kecamatan dapat mengakomodir warga yang benar-benar membutuhkan bantuan RTLH.

Terkait dengan persoalan perubahan administrasi dari Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL) ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) menurut Rahmatulloh, bukan menjadi alasan.

Namun demikian, jika pihak kelurahan maupun kecamatan kesulitan dan telambat untuk pengajuan, hal itu kata Rahmatulloh, ke depan harus dievaluasi oleh pemerintah daerah.

“Karena kecamatan yang lain nyatanya mampu mengajukan dan bisa mendapatkan anggaran rutilahu (RTLH) kecuali Kecamatan Jombang,” katanya.

“Kami di DPRD akan mendorong anggaran agar mereka dapat anggaran tersebut supaya banyak warga atau masyarakat yang terbantu RTLH nya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Camat Jombang AH Junaedi mengatakan, pihaknya akan melakukan audiensi dengan DPRD Cilegon untuk memberikan jawaban sebenarnya atas adanya warga yang belum terakomodir mendapatkan bantun RTLH tersebut.

“Saya lagi bikin surat dan tadi saya ngomong sama dewan, tolong kawal surat saya untuk audiensi hari Kamis,” katanya.

Junaedi mengatakan, persoalan kolegial yang menyangkut seluruh masyarakat tersebut dapat diselesaikan bersama dengan pihak eksekutif dan legislatif.

“Saya tidak akan bicara tanpa data, semuanya akan saya bacakan di sana,” pungkasnya.

Penulis: Maulana Abdul Haq

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

LOWONGAN

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: