Ada Larangan Mudik, Kapolda Banten Tinjau Pelabuhan Merak

BERITAKARYA, CILEGON - Pemerintah telah memberlakukan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 2021....

Larangan mudik yang berlaku mulai 6-17 Mei 2021 tersebut, sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19 yang masih terus meningkat.

Dengan adanya larangan mudik tersebut, Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho meninjau sejumlah kesiapan tempat, salah satunya di Pelabuhan Merak.

Dimana pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera tersebut menjadi pintu gerbang yang kerap ramai saat mudik lebar.

“Kami berkordinasi dengan pihak ASDP Merak untuk penerapan pemberlakuan kebijakan pemerintah terkait pelarangan mudik,” kata Irjen Pol Rudy melalui siaran pers, Rabu (14/4/2021).

Kapolda Banten didampingi General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy dan Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono tampak meninjau sejumlah tempat di Pelabuhan Merak.

Selain mengecek kesiapan ASDP dalam menerapkan larangan Mudik, Irjen Pol Rudy juga mengecek penerapan protokol kesehatan (Prokes) di Pelabuhan Merak.

Terkait adanya larangan mudik, Kapolda mengatakan, perlu adanya sosialisasi yang masif kepada masyarakat baik melalui spanduk atau media.

“Dalam penerapan kebijakan pemerintah ini harus ada kerjasama antar instansi dan kebersamaan, sehingga mampu mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Irjen Pol Rudy mengungkapkan, Polda Banten beserta TNI dan instansi terkait lainnya telah mempersiapkan untuk mendirikan pos atau check point selama pemberlakuan kebijakan larangan mudik.

“Untuk masyarakat, ayo mematuhi aturan pemerintah sesuai Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomir 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
Banten

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: