Abu Vulkanik Guyur Kota Cilegon

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Rabu (26/12/2018) warga Kota Cilegon panik saat mereka sadar dan mengetahui bahwa daerahnya diguyur abu vulkanik yang diduga berasal dari Gunung Anak Krakatau.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, abu vulkanik mulai mengguyur Kota Cilegon pada pukul 17.50 WIB. Umumnya warga mengetahui hal itu karena abu vulkanik menempel di kendaraan dan teras rumah mereka.

“Tadi kejadianya jam 17.50 WIB. Aku kira debu pabrik karena Cilegon kan banyak pabrik, ternyata abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau,” kata Mega, warga Cibeber, Kota Cilegon, Rabu (26/12/2018)

Warga lainnya, Imam Suhendra juga mengaku panik ketika melihat ada debu hitam di atas mobil miliknya saat dia hendak pulang usai bekerja.

“Pas saya cek di atas mobil kok ada debu warna hitam. Bingung juga kan. Takut sih, apalagi Cilegon banyak industri kimia. Gimana dengan nasib warga Cilegon kalau musibah tsunami,” keluhnya.

Pegawai BMKG Klas I Serang, Trian membenarkan abu hitam itu merupakan efek dari aktivitas Gunung Anak Krakatau yang telah menunjukkan peningkatan aktivitasnya sejak Juni 2018 itu.

“BMKG mengonfirmasi pergerakan angin dari GAK memang menuju wilayah Kota Cilegon, Banten. Namun, tidak bisa memastikan kondisi terkini aktivitas GAK di Selat Sunda. Kami sendiri hanya bisa memberikan informasi terkait pergerakan abu vulcanologinya. Tentang status ataupun keaktifan gunung, bisa dikoordinasikan dengan PVMBG,” pungkasnya.

Iffan Gondrong

Categories
Cilegon

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: