Abu Bakar Ba’asyir Bebas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Abu Bakar Ba'asyir dibebaskan murni dengan alasan kemanusiaan. Kuasa Hukum Presiden Joko Widodo, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pembebasan Ba'asyir tersebut mengingat usianya yang sudah uzur dan sering sakit.
BEBAS: Yusril Ihza Mahendra menjenguk Abubakar Baasyir di LP Gunung Sindur./Dok. Istimewa/NET

“Pertimbangan saya kata Pak Jokowi pertimbangan kemanusian karena beliau sudah lanjut usianya, sudah uzur, kemudian juga kesehatannya sudah jauh menurun. Makanya berdasarkan kemanusiaan ya beliau dibebaskan,” kata Yusril.

Yusril Ihza Mahendra menambahkan, Ba’asyir bakal tetap diperbolehkan menerima tamu dan beraktivitas seperti biasa.

“Dan semua disepakati. Beliau tidak dijaga sama sekali, sudah kami katakan kepada beliau,” kata Yusril.

Sementara itu, diansir dari CNNIndonesia.com, anak Ba’asyir yakni Abdul Rohim mengatakan ayahnya bakal kembali berceramah setelah bebas. Kendati begitu, aktivitas ceramah Ba’asyir tidak akan seintensif dulu.

“Insya Allah, cuma karena kondisi kesehatan beliau ini kan sudah tidak seperti dahulu, mungkin kegiatan tablig akan terbatas karena kesehatan atau fisiknya yang tidak memungkinkan seperti dahulu,” ujar Rohim di Lembaga Pemasyarakat Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019).

Rohim mengatakan aktivitas ceramah yang tidak intensif itu bukan merupakan syarat kebebasan Ba’asyir. Ia menegaskan Ba’asyir sudah bebas murni dan tidak akan dikawal atau dijaga oleh aparat dalam setiap aktivitasnya.

“Tidak ada pembatasan karena ini sudah bebas murni artinya beliau sudah kembali sebagaimana warga biasa,” ujar Rohim.

Lebih lanjut, Rohim mengatakan, Ba’asyir akan tinggal bersama keluarganya di Pondok Pesantren Al Mukmin di Ngruki Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca Sumber

Iffan Gondrong

Categories
Nasional

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: