10 Website Dinas di Cilegon Diretas

BERITAKARYA.CO.ID, CILEGON - Website milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Cilegon diretas oleh pihak tak bertanggung jawab (Hacker)....
Website OPD diretas
Tampilan website diskominfo.cilegon.go.id yang diretas

Sedikitnya ada 10 website OPD di Lingkungan Kerja Pemkot Cilegon yang diretas. Kesepuluh dinas itu yakni Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan (Dindik), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Berikutnya adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS).

Ada juga Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). web dinas yang tercantum diatas dapat diakses sejak, Senin (9/3/2020) sore.

Kepala Diskominfo Kota Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade membenarkan kejadian itu. Menurutnya 10 web yang diretas hacker itu hanya domain atau alamat web OPD saja.

“Iyah benar tadi sore saya dapat informasinya, kalau 10 web milik OPD kena hack. Beruntung yang dihack itu hanya sub dominenya saja. Meski begitu, kami pun akan secepatnya menyelesaikan persoalan ini,” kata Aziz kepada wartawan melalui sambungan telepon, Senin (9/3/2020) malam.

Saat ini, lanjut Azis, pihaknya tengah menganalisa dan memulihkan web OPD yang diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Untungnya yang dihack hanya sebatas informasi di OPD. Bukan yang lain. Saat ini, kita (Kominfo) sedang menganalisa dan mencari solusi untuk memulihkan web site yang terkena hacker tersebut,” ujar Azis.

Hal senada dikatakan Kepala DP3AKB Cilegon, Heni Anita Susila yang dihubungi melalui telepon genggamnya, ia baru mengetahui jika website milik DP3AKB diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Ibu baru tahu dari teman-teman media. Soalnya belum ada informasi dari Diskominfo (DKISS) jika website kami dihack. Untungnya, website yang dihack ini hanya informasi kegiatan kami. Dan beruntungnya juga, kami pun belum melakukan kegiatan apa-apa. Tapi, kami akan komunikasikan dengan Diskominfo Cilegon untuk menyelesaikan persoalan ini,” pungkasnya.

Zainal Mutakin

Categories
CilegonTeknologi

Trusted News Site
No Comment

Leave a Reply

RELATED BY

%d blogger menyukai ini: